RANCANG BANGUN STIMULATOR GELOMBANG OTAK BERBASIS AUDIO VISUAL STIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR

MUHAMMAD IRSYAD, 081511733022 (2019) RANCANG BANGUN STIMULATOR GELOMBANG OTAK BERBASIS AUDIO VISUAL STIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ST.T.14-19 Irs r abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ST.T.14-19 Irs r daftar isi.pdf

Download (302kB)
[img] Text
ST.T.14-19 Irs r daftar pustaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST.T.14-19 Irs r.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tidur memiliki peran yang sangat penting terkait fungsi dari banyak sistem organ tubuh, sehingga bila terdapat gangguan pada tidur, hal tersebut akan memengaruhi kualitas kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Insomnia merupakan salah satu gangguan pada kualitas tidur yang sering terjadi di masyarakat. Pengobatan insomnia dilakukan secara terapi farmakologi yang risiko efek sampingnya cukup tinggi dan non-farmakologi yang dalam penerapannya membutuhkan waktu lama. Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi untuk masalah pengobatan insomnia dengan risiko pengobatan yang lebih kecil dan penggunaannya tidak membutuhkan banyak waktu, dengan membuat alat stimulator gelombang otak berbasis stimulus cahaya dan suara untuk mempercepat tercapainya kondisi rileks, sebagai tahap awal menuju proses tidur. Penelitian dilakukan dengan merancang dan membuat prototipe alat yang kemudian dilanjutkan pengujian kinerja kepada subjek normal. Prototipe alat memberikan stimulus visual menggunakan kedipan LED biru dengan panjang gelombang 463,92 nm dan stimulus suara berupa Binaural Beats dengan frekuensi 8 Hz hingga 1 Hz selama 30 menit. Pengujian kinerja alat secara kuantitatif dilakukan dengan membandingkan Power Spectral Density (PSD) Elektroensefalograf (EEG) saat menggunakan alat dengan saat kondisi normal. Pengujian secara kualitatif dilakukan dengan mengukur kondisi mood sebelum dan sesudah menggunakan alat memakai kuesioner The Brunel Mood Scale (BRUMS). Hasil pengujian alat kuantitatif menunjukkan power pada gelombang theta mengalami peningkatan dan power pada gelombang beta mengalami penurunan pada semua subjek, dimana kondisi ini merupakan salah satu indikator saat seseorang mulai mengantuk. Hasil pengujian secara kualitatif menunjukkan penurunan indikator Tension pada semua subjek yang menandakan subjek telah memasuki keadaan rileks. Hasil pengujian alat secara kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa rancang bangun alat stimulator otak berbasis Audio Visual Stimulation berpotensi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST T 14/19 Irs r
Uncontrolled Keywords: audio visual stimulation, elektroensefalograf, insomnia, PSD
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) > AM111-160 Museology. Museum methods, technique, etc.
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD IRSYAD, 081511733022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes, NIDN: '0022027505UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:36
Last Modified: 16 Oct 2019 01:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item