SINTESIS DAN KARAKTERISASI BIOKOMPOSIT HIDROKSIAPATIT/PLA/ETHYL CELLULOSE DENGAN CROSSLINK SODIUM TRIMETAPHOSPHATE UNTUK APLIKASI SCAFFOLD TULANG

CAMALIA WIJAYANTI, 081511733005 (2019) SINTESIS DAN KARAKTERISASI BIOKOMPOSIT HIDROKSIAPATIT/PLA/ETHYL CELLULOSE DENGAN CROSSLINK SODIUM TRIMETAPHOSPHATE UNTUK APLIKASI SCAFFOLD TULANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ST.T.40-19 Wij s abstrak.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ST.T.40-19 Wij s daftar isi.pdf

Download (57kB)
[img] Text
ST.T.40-19 Wij s daftar pustaka.pdf

Download (77kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST.T.40-19 Wij s.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang paling krusial, apabila terjadi kerusakan tulang akan sangat membahayakan bagi tubuh. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan tulang antara lain disebabkan kecelakaan dan penyakit degeneratif, seperti osteoporosis dan osteoartritis. Penggunaan scaffold menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan. Namun Scaffold tulang dari pendonor, hewan maupun tubuh pasien untuk menangani permasalahan ini masih menimbulkan resiko. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh scaffold menggunakan bahan dasar hidroksiapatit/PLA/ethyl cellulose dengan crosslink sodium trimetaphosphate. Penambahan crosslink sodium trimetaphosphate untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi sodium trimetaphosphate pada scaffold Penelitian ini menggunakan metode simple mixing untuk pencampuran tiap bahan dan freeze drying untuk tahap pengeringan. Proses Crosslink dilakukan dengan perendaman scaffold dalam larutan sodium trimetaphosphate 6%, 8%, 10%, 12%, 14% w/v. Pada Uji FTIR diketahui adanya interaksi kimia yang terbentuk ditunjukkan dengan adanya perubahan peak serta hilangnya peak pada bilangan gelombang 1642 cm-1. Karakteristik morfologi yang diuji dengan SEM menunjukkan permukaan yang kasar, berpori dan tidak teratur sebagai akibat dari penyusupan gugus fosfat dalam selulosa. Ukuran pori yang diperoleh sebesar 100 - 249 μm. Penambahan konsentrasi sodium trimetaphosphate meningkatkan nilai kuat tekan scaffold mencapai 5,37 MPa. Persentase porositas menurun seiring dengan penambahan konsentrasi sodium trimetaphosphate. Hasil uji porositas menunjukkan persentase pori mencapai kisaran 63,17% hingga 85,45%. Scaffold memiliki sifat toksik yang rendah ditunjukkan dengan persentase sel hidup lebih dari 50% diperoleh dari hasil uji MTT Assay. Berdasarkan hasil karakterisasi FTIR, SEM, kuat tekan, porositas dan sitotoksisitas, scaffold hidroksiapatit/PLA/ethyl cellulose dengan penambahan crosslink sodium trimetaphosphate memenuhi standar kandidat scaffold untuk menangani kerusakan tulang cancellous.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST T 40/19 Wij s
Uncontrolled Keywords: ethyl cellulose, hidroksiapatit, PLA, sodium trimetaphosphate, scaffold tulan
Subjects: Q Science > QC Physics > QC871-874.8 Technique, Instructions for Observers
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
CAMALIA WIJAYANTI, 081511733005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Djony Izak Rudyardjo, M.Si., NIDN: '0002016801UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:24
Last Modified: 16 Oct 2019 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89197
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item