PENGARUH PELATIHAN KEBENCANAAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR

NIA AMBARWATI, 151611913195 (2019) PENGARUH PELATIHAN KEBENCANAAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV, KP. 06-19 Amb p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh pelatihan kebencanaan terhadap pengetahuan siswa dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di SMP Muhammadiyah 17 Keduyung-Laren-Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimen dengan mengunakan model pretest-posttest design. Jenis experimen yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kebencanaan sebagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai bencana banjir dan tanah longsor. Pengumpulan data melalui kuesioner untuk mendapatkan data pengetahuan siswa tentang bencana banjir dan tanah longsor. Pelaksaaan penelitian untuk mendapatkan data perubahan tingkat pengetahuan dari kegiatan pelatiahan yang dilakukan. Analisa data penelitian ini dilakukan uji secara kuantitatif pretest dan post test dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukakan bahwa:1) Didapatkan nilai siswa sebelum diberikannya pelatihan kebencanaan dengan kategori baik terdapat pada 25 siswa dengan prosentase 55,6%, cukup pada 14 siswa dengan prosentase 31,1% dan kurang pada 6 siswa dengan prosentase 13,3%.2) Didapatkan nilai siswa setelah diberikannya pelatihan kebencanaan dengan kategori baik terdapat pada 38 siswa dengan prosentase 84,4%, cukup pada 54 siswa dengan prosentase 15,6.3) Pelatihan kebencanaan berpengaruh terhadap pengetahuan siswa dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor Pelatihan simulasi terbukti dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang bencana banjir dan tanah longsor. Bukti peningkatan pengetahuan siswa tentang bencana banjir dan tanah longsor ditunjukkan oleh peningkatan nilai tes sebelum dengan sesudah pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi sekolah untuk melakukan pendidikan tentang bencana banjir dan tanah longsor secara berkala bagi setiap siswa, sehingga pemahaman siswa mengenai bencana banjir dan tanah longsor dapat digunakan secara maksimal dan sebagai bekal siswa untuk menghadapi banjir dan tanah longsor. Kata kunci : Pelatihan kebencanaan, banjir, tanah longsor, pengetahuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV. KP. 06-19 Amb p
Uncontrolled Keywords: Pelatihan kebencanaan, banjir, tanah longsor, pengetahuan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NIA AMBARWATI, 151611913195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNs. Hafna Ilmy Muhalla, NIDN: 3420127801UNSPECIFIED
ContributorSusilo Harianto, NIDN: 3414046601UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:29
Last Modified: 17 Oct 2019 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item