THE PORTRAY AL OF BEAUTY IN PLUS-SIZE FIGURE: A SEMIOTIC STUDY ON A PLUS-SIZE CELEBGRAM AT @kemalasari's INSTAGRAM ACCOUNT

WIDYA A YUNI RATNASARI, 121411231117 (2019) THE PORTRAY AL OF BEAUTY IN PLUS-SIZE FIGURE: A SEMIOTIC STUDY ON A PLUS-SIZE CELEBGRAM AT @kemalasari's INSTAGRAM ACCOUNT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE.85 Rat p abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
FS.BE.85 Rat p daftar isi.pdf

Download (22kB)
[img] Text
FS.BE.85 Rat p daftar pustaka.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.85 Rat p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama beberapa dekade, mitos kecantikan telah mengendalikan tubuh perempuan melalui penggambaran sosok ideal wanita bertubuh tinggi dan langsing di media massa. Namun, seiring perkembangan teknologi, kemunculan media sosial memicu perempuan lain untuk mendefinisikan kembali mengenai penggambaran makna cantik. Sebagai media sosial populer yang banyak digunakan oleh banyak orang, Instagram menghasilkan beberapa selebgram bertubuh plus-size atau influencer dalam bidang kecantikan untuk mendobrak mitos kecantikan seperti Intan Kemalasari. Sebagai influencer di bidang kecantikan, Intan dianggap menampilkan makna cantik yang berbeda dengan perempuan-perempuan berpengaruh pada bidang kecantikan lainnya. Studi ini bertujuan untuk menganalisa penggambaran makna cantik yang ditampilkan melalui akun Instagram @kemalasari. Penelitian ini menggunakan teori mitos kecantikan yang dikemukakan oleh Naomi Wolf untuk mengungkap bagaimana Intan mendefinisikan makna cantik. Untuk mengungkap tanda-tanda dibalik gambar, penulis menerapkan teori semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes dan penelitan kualitatif sebagai pendekatannya. Hasil studi menunjukkan bahwa Intan mendefiniskan cantik sebagai kecantikan dalam dan luar. Alih-alih menyesuaikan diri dengan mitos kecantikan yang ada, penulis menemukan bahwa Intan mencoba menegosiasikan tubuhnya dengan tubuh ideal melalui beberapa cara. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa saat ini wanita tidak perlu memiliki tubuh yang ideal agar dapat diterima secara positif oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE 85/19 Rat p
Uncontrolled Keywords: mitos kecantikan, selebgram, influencer kecantikan, plus-size, semiotik
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
WIDYA A YUNI RATNASARI, 121411231117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Fitri Hapsari, M.A., NIDN: '0014078307UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:33
Last Modified: 17 Oct 2019 02:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item