THE PORTRAYAL OF ROHINGYA PEOPLE IN THE JAKARTA POST NEWS ARTICLE ENTITLED “MYANMAR TROOPS SYSTEMATICALLY GANG-RAPED ROHINGYA WOMEN: UN ENVOY” : A DISCOURSE STRUCTURE ANALYSIS

LYDIA PUSPITA SARI, 121511233146 (2019) THE PORTRAYAL OF ROHINGYA PEOPLE IN THE JAKARTA POST NEWS ARTICLE ENTITLED “MYANMAR TROOPS SYSTEMATICALLY GANG-RAPED ROHINGYA WOMEN: UN ENVOY” : A DISCOURSE STRUCTURE ANALYSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE.91-19 Sar p abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
FS.BE.91-19 Sar p daftar isi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
FS.BE.91-19 Sar p daftar pustaka.pdf

Download (336kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.91-19 Sar p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan representasi dari kaum Rohingya di koran The Jakarta Post. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui bagaimana Bahasa digunakan untuk merepresentasikan orang-orang Rohingya, data dari hasil penelitian ini diperoleh dari laman resmi The Jakarta Post. Satu berita artikel dipilih dan dianalisa menggunakan teori dari van Dijk (1988) yaitu Struktur Wacana. Struktur Wacana terbagi menjadi dua tingkat yakni struktur global dan lokal. Struktur global menganalisa struktur makro (topik) dari suatu berita dan superstructure yakni bentuk keseluruhan dari teks berita. Struktur lokal menganalisa gaya semantik, bentuk kalimat, pilihan kata, dan gaya retorik. Penelitian ini menunjukkan bahwa kaum Rohingya digambarkan sebagai kaum Muslim minoritas, pengungsi, korban, orang yang selamat, yang berada dalam situasi terancam, tersiksa, dan tidak aman. The Jakarta Post cenderung menyuarakan suara-suara kaum Muslim minoritas, dalam kasus ini, menghentikan kekerasan seksual dan menyediakan perlindungan untuk kaum Rohingya. Selain itu, The Jakarta Post Selain itu, The Jakarta Post juga menginformasikan aksi kejahatan yang dilakukan oleh tentara Myanmar dan orang-orang yang terlibat dalam kekerasan seksual terhadap perempuan-perempuan Rohingya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE 91/19 Sar p
Uncontrolled Keywords: struktur wacana, representasi, Rohingya, The Jakarta Post
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
LYDIA PUSPITA SARI, 121511233146UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYulia Indarti, M.A, NIDN: '0027067803UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:14
Last Modified: 17 Oct 2019 03:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item