THE USE OF MNEMONIC DEVICE AS AN ENGLISH VOCABULARY AND GRAMMAR LEARNING STRATEGY FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS: A CASE STUDY AT SMP NEGERI 4 SURABAYA

DYTA SEPTIYATIK, 121511233090 (2019) THE USE OF MNEMONIC DEVICE AS AN ENGLISH VOCABULARY AND GRAMMAR LEARNING STRATEGY FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS: A CASE STUDY AT SMP NEGERI 4 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE.123-19 Sep u asbtrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FS.BE.123-19 Sep u daftar isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
FS.BE.123-19 Sep u daftar pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.123-19 Sep u.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengungkapkan penggunaan dari mnemonic device sebagai strategi belajar kosakata serta tata bahasa dalam bahasa Inggris pada siswa kelas tujuh di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Surabaya. Studi ini berlandaskan teori dari Bellezza (1981) mengenai fungsi mnemonic device yang mengungkapkan bahwa mnemonic device dapat membantu proses menghafal informasi yang telah diterima. Untuk mengumpulkan data, penelitian lapangan dilakukan terhadap dua kelas (7G dan 7H) dengan jumlah siswa sama yaitu 42 siswa dan memiliki hasil rata-rata bridging course test yang hampir setara, yakni 72,74 dan 72,75. Selanjutnya, pre-test dan post-test diberikan untuk mengetahui jumlah informasi yang berhasil diingat kembali oleh para siswa dengan penerapan dua strategi yang berbeda. Setelah itu, perolehan jumlah informasi yang dapat diingat kembali oleh siswa kelas 7G dibandingkan dengan kelas 7H. Berdasarkan penghitungan dari hasil test, mnemonic device yang digunakan sebagai strategi belajar bahasa Inggris berdampak pada perbedaan yang cukup berarti, dimana jumlah informasi yang mampu diingat siswa dalam belajar kosa kata dan tata bahasa mengalami peningkatan secara konstan dibanding dengan kelas yang menggunakan strategi non-mnemonic. Penggunaan mnemonic device sangatlah direkomendasikan bagi para guru bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Surabaya untuk membantu siswa mengingat kembali informasi yang menjadi salah satu bagian dari proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE 123/19 Sep u
Uncontrolled Keywords: strategi belajar bahasa Inggris, tata bahasa, mnemonic device, kosa kata
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
DYTA SEPTIYATIK, 121511233090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Lilla Musyahda, M.Pd., NIDN: '0012106602UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:49
Last Modified: 18 Oct 2019 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89373
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item