IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO POTENSI BAHAYA ERGONOMI DAN MEKANIK (Studi pada Pengoperasian Forklift di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo Surabaya)

RIO MARIZQI MUHAMMAD, 151611713022 (2019) IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO POTENSI BAHAYA ERGONOMI DAN MEKANIK (Studi pada Pengoperasian Forklift di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. HKK. 42-19 Muh i abstrak.pdf

Download (442kB)
[img] Text
FV. HKK. 42-19 Muh i daftar isi.pdf

Download (444kB)
[img] Text
FV. HKK. 42-19 Muh i daftar pustaka.pdf

Download (446kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. HKK. 42-19 Muh i.pdf
Restricted to Registered users only until 21 October 2022.

Download (860kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Operator forklift berisiko mengalami keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) karena bahaya ergonomi. Operator forklift juga dapat terpapar bahaya mekanik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi bahaya dan menilai risiko potensi bahaya ergonomi dan mekanik pada pengoperasian forklift di area Bagging dan Muat Pakan PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo Surabaya. Penelitian ini bersifat observasional deskriptif. Objek penelitian ini yaitu tingkat risiko ergonomi dan tingkat keluhan MSDs pada operator forklift serta potensi bahaya mekanik pada pengoperasian forklift di area Bagging dan Muat Pakan. Data diolah secara deskriptif dengan menggunakan metode REBA, NBM, dan 3D Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat risiko potensi bahaya ergonomi pada operator forklift termasuk kategori sedang. Tingkat keluhan MSDs pada operator forklift termasuk kategori rendah. Terdapat 7 potensi bahaya mekanik termasuk kategori rendah, 6 potensi bahaya mekanik termasuk kategori sedang di area Bagging dan 5 potensi bahaya mekanik termasuk kategori rendah, 7 potensi bahaya mekanik termasuk kategori sedang, 1 potensi bahaya mekanik termasuk kategori tinggi yaitu garpu forklift merobek karung pakan jadi di area Muat Pakan. Dirokemendasikan agar manajemen perusahaan melakukan upaya pengendalian terhadap tingkat risiko potensi bahaya ergonomi dan mekanik sampai kaategori rendah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 42/19 Muh i
Uncontrolled Keywords: Identifikasi bahaya, penilaian risiko, operator forklift, pengoperasian forklift
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
RIO MARIZQI MUHAMMAD, 151611713022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawineu, dr.,M.Kes, NIDN: '0007086202UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:33
Last Modified: 21 Oct 2019 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89613
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item