GAMBARAN BEBAN KERJA DAN IKLIM KERJA DENGAN KELELAHAN SUBJEKTIF PEKERJA. (Studi pada proses brazing di area HT PT X Pasuruan Plant 1)

NOVIANDO DWI KUSUMANTORO, 151611713055 (2019) GAMBARAN BEBAN KERJA DAN IKLIM KERJA DENGAN KELELAHAN SUBJEKTIF PEKERJA. (Studi pada proses brazing di area HT PT X Pasuruan Plant 1). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. HKK. 57-19 Kus g abstrak.pdf

Download (297kB)
[img] Text
FV. HKK. 57-19 Kus g daftar isi.pdf

Download (418kB)
[img] Text
FV. HKK. 57-19 Kus g daftar pustaka.pdf

Download (300kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. HKK. 57-19 Kus g.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan kerja yang panas merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas dan performa kerja, jika temperatur lingkungan tidak bisa dikendalikan dengan baik maka akan berpotensi menimbulkan kelelahan kesehatan bagi para pekerja. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran faktor karakteristik individu dengan kelelahan subjektif yang dirasakan oleh pekerja di area HT (Header and tube) PT X, Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional. Variabel pada penelitian ini meliputi indeks WBGT, karakteristik individu, dan kelelahan subjektif. Populasi dari penelitian ini adalah 6 tenaga kerja laki – laki yang melakukan pekerjaan panas area HT (Header and tube) pada bulan Maret – Juni 2019. Data primer diambil melalui pengukuran langsung pada setiap variabel. Data sekunder meliputi gambaran umum perusahaaan, kebijakan perusahaaan, dan dokumen perusahaan yang melakukan pekerjaan di area HT (Header and tube). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa iklim kerja mendapatkan hasil yang tinggi, yaitu sebesar 33,5 0C. Sebesar 66,7% pekerja dengan usia > 33 tahun memiliki IMT gemuk berat dengan konsumsi air minum sebanyak 1 botol (tumbler) memiliki tingkat kelelahan sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin tua usia pekerja, semakin berat badan berlebih dan kurangnya konsumsi air maka semakin tinggi tingkat kelelahan yang dialami oleh pekerja. Saran untuk Perusahaan adalah dapat menyediakan ruangan khusus pekerja yang berfungsi untuk tempat beradaptasi, memberi informasi mengenai gejala dan dampak bagi kesehatan, Bagi tenaga kerja diharapkan menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dengan mengkonsumsi gizi yang cukup dan seimbang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 57/19 Kus g
Uncontrolled Keywords: Iklim kerja, karakteristik individu, kelelahan subjektif.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC981 Climate
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
NOVIANDO DWI KUSUMANTORO, 151611713055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Neffrety Nilamsari, S.Sos.,M.Kes., NIDN: '0019077303UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:49
Last Modified: 22 Oct 2019 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item