PELAKSANAAN PENGAWASAN BARANG BEREDAR DALAM PERSPEKTIF WHOLE OF GOVERNMENT (STUDI PADA TIM TERPADU PENGAWASAN BARANG BEREDAR DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TIMUR)

Noor Hasna Shafira, 071511133076 (2019) PELAKSANAAN PENGAWASAN BARANG BEREDAR DALAM PERSPEKTIF WHOLE OF GOVERNMENT (STUDI PADA TIM TERPADU PENGAWASAN BARANG BEREDAR DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 43-19 Sha p abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Fis. AN. 43-19 Sha p daftar isi.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Fis. AN. 43-19 Sha p daftar pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 43-19 Sha p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tidak semua barang yang masuk dan beredar di Provinsi Jawa Timur memiliki kualitas yang baik dan aman untuk masyarakat. Maka dari itu dibutuhkan pengawasan barang beredar secara terpadu dengan melibatkan berbagai instansi yang terkoordinasi. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami tentang pelaksanaan pengawasan barang beredar yang dilakukan oleh Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar di Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan perspektif Whole of Government. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam. Serta teknik analisis data dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan barang beredar oleh Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar di Provinsi Jawa Timur dalam perspektif Whole of Government belum terlaksana dengan baik. Hal tersebut terlihat dari enam aspek dalam perspektif Whole of Government yang menunjukkan bahwa tiga aspek telah terlaksana dengan baik yaitu: 1) budaya dan kapabilitas, 2) membuat koneksi dengan keterlibatan dalam aktivitas Whole of Government, 3) manajemen krisis dan konsekuensinya. Kemudian tiga aspek yang belum terlaksana dengan baik yaitu: 1) struktur dan proses, 2) manajemen informasi dan infrastruktur, 3) kerangka anggaran dan akuntabilitas. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa banyak perwakilan instansi yang tidak memiliki kriteria khusus PPNS/PPBJ, pengambilan keputusan yang tidak didasarkan konsensus, tidak ada mekanisme yang pasti dalam pelaksanaan pengawasan barang beredar terpadu, masih terdapat mentalitas silo pada setiap instansi, serta tidak adanya anggaran dana dan laporan akuntabilitas khusus untuk Tim Terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 43/19 Sha p
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pengawasan, Barang Beredar, Whole of Government
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3700-3705 Control of social activities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Noor Hasna Shafira, 071511133076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Antun Mardiyanta, Drs., MA, NIDN: '0031106106UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:01
Last Modified: 18 Dec 2019 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89696
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item