INOVASI DOKTER KEPENDUDUKAN ONLINE (Dr. KePO) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK

SHERLY NOVITA SARI, 071511133018 (2019) INOVASI DOKTER KEPENDUDUKAN ONLINE (Dr. KePO) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 46-19 Sar i abstrak.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Fis. AN. 46-19 Sar i daftar isi.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Fis. AN. 46-19 Sar i daftar pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 46-19 Sar i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana inovasi Dokter Kependudukan Online (Dr. KePO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik (Dispendukcapil) dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Menghadapi kompleksitas permasalahan data penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik melakukan inovasi pada bidang layanan kependudukan. Inovasi ini bertujuan untuk mewujudkan ketunggalan identitas melalui layanan digital yang edukatif dan sederhana didukung secara inklusif melalui penguatan peran petugas Register Desa sedangkan kelompok sasaran adalah seluruh lapisan masyarakat serta petugas pelayanan adminduk. Untuk mengetahui inovasi Dr. KePO di Dispendukcapil Kabupaten Gresik, peneliti menggunakan kombinasi dari Tipologi, Level, Kategori, dan atribut inovasi serta Dimensi Kualitas Pelayanan Publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yaitu dilakukan di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik dan wilayah pelayanan inovasi dr. KePO di Kabupaten Gresik. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive, yaitu pihak-pihak yang dianggap mengerti dan memahami tentang pelaksanaan inovasi Dr. KePO, kemudian karena keadaan dilapangan maka peneliti menggunakan tehnik snowball. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inovasi Dr. KePO yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kabupaten Gresik merupakan suatu perbaikan proses pelayanan kependudukan. Inovasi dr. KePO ini sudah dapat meningkatkan pelayanan kependudukan dan mewujudkan tertib administrasi dengan mengurangi data ganda dan anomali di Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 46/19 Sar i
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan, Kualitas Pelayanan
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SHERLY NOVITA SARI, 071511133018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S. Sos., MdevSt, PhD, NIDN:'0016057501UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:25
Last Modified: 18 Dec 2019 03:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89704
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item