SMART GOVERNANCE PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI TENTANG GOVERNMENT RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM (GRMS) KOTA SURABAYA)

YUNIASIH FATMAWATI DEWI, 071511133017 (2019) SMART GOVERNANCE PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI TENTANG GOVERNMENT RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM (GRMS) KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 49-19 Dew s abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Fis. AN. 49-19 Dew s daftar isi.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Fis. AN. 49-19 Dew s daftar pustaka.pdf

Download (525kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 49-19 Dew s.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah masih mengalami banyak permasalahan seperti perencanaan dan penganggaran pembangunan yang belum transparan, partisipatif, dan akuntabel. Untuk merespon fenomena tersebut perlu adanya reformasi pengelolaan keuangan daerah. Dalam kaitannya Reformasi pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kota Surabaya mengembangkan suatu inovasi sistem untuk mengatasi berbagai permasalahan keuangan daerah melalui Government Resources Management System (GRMS) yang telah dikembangkan sejak tahun 2003. GRMS merupakan sistem informasi manajemen sumber daya pemerintahan yang terintegrasi dari aktivitas birokrasi hulu sampai hilir dalam rangka menunjang pengelolaan keuangan daerah dalam konteks belanja langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana GRMS mampu menjawab permasalahan pengelolaan keuangan daerah dari sudut pandang Smart Governance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan secara rinci mengenai proses pengelolaan keuangan daerah melalui GRMS Kota Surabaya. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori smart city dengan memfokuskan letak kajian pada salah satu dimensi smart city yang relevan dengan permasalahan penelitian yakni smart governance. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu menentukan informan yang dianggap memahami system pengelolaan keuangan daerah melalui GRMS, kemudian menggunakan snowball sampling untuk mengembangkan informasi maupun data berdasarkan masukan dari key informan, sedangkan untuk masyarakat peneliti menggunakan teknik random sampling dengan total 30 informan. Analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data penelitian digunakan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya telah menerapkan konsep Smart Governance dalam pengelolaan keuangan daerah melalui system GRMS. Penerapan konsep tersebut diwujudkan dalam kriteria Smart Governance yang meliputi : 1) Participation in decision making terwujud dalam proses e-Planning; 2) Public and social services terwujud dalam proses e-Procurement; 3) Transparant Governance terwujud dalam proses e-Planning dan e-Procurement dalam hal ini masyarakat dilibatkan dalam perumusan perencanaan pembangunan melalui e-Musrenbang dan proses lelang, 4) Political strategies and prespectives terwujud dalam semua proses GRMS dikarenakan system ini merupakan strategi dari Pemerintah Kota Surabaya yang terintegrasi dari aktivitas birokrasi hulu sampai dengan hilir sehingga dapat terwujud pengelolaan keuangan daerah yang baik. Dengan menggunakan GRMS, proses pengelolaan keuangan daerah di Kota Surabaya dapat dilakukan dengan mudah, efektif, efisien, dan akuntabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 49/19 Dew s
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan Daerah, Government Resources Management System (GRMS), Smart Governance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
YUNIASIH FATMAWATI DEWI, 071511133017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.Sos., MDevSt., Phd, NIDN: '0016057501UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:47
Last Modified: 12 May 2023 00:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89711
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item