INOVASI PELAYANAN PUBLIK SAKERA JEMPOL (SADARI KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK DENGAN JEMPUT BOLA) DALAM MENCEGAH MARAKNYA TINDAK KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK DI KABUPATEN PASURUAN

Handoyo, 071511133058 (2019) INOVASI PELAYANAN PUBLIK SAKERA JEMPOL (SADARI KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK DENGAN JEMPUT BOLA) DALAM MENCEGAH MARAKNYA TINDAK KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK DI KABUPATEN PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 50-19 Han i abstrak.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Fis. AN. 50-19 Han i daftar isi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Fis. AN. 50-19 Han i daftar pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 50-19 Han i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai inovasi pelayanan dalam mencegah tindak kekerasan di Kabupaten Pasuruan. Banyaknya tindak kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak yang terjadi di Kabupaten Pasuruan, membuat pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan membuat suatu inovasi pelayanan public yang disebut Sakera Jempol. Tujuan dibentuknya inovasi Sakera Jempol adalah untuk mengurangi dan mencegah tindak kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak serta memberikan penanganan prima bagi masyarakat yang mengalami tindak kekerasan terutama yang terjadi pada perenpuan dan anak. Untuk mengatahui inovasi pelayanan Sakera Jempol, peneliti menggunakan lima karateristik yang dikemukakan oleh Everett Rogers yang terdiri dari Relative Advantages, Compability, Complexibility, Triability,Observasibility.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif.Teknik penentuan informan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu informan pemberi pelayanan dengan menggunakan purposive sampling dan informan penerima pelayanan dengan menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi data digunakan untuk pengecekan.untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya inovasi Sakera Jempol telah memberikan kontribusi berupa turunnya angka tindak kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak di Kabupaten Pasuruan.hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya kelima dimensi kualitas pelayanan public. Selain itu, Sakera Jempol telah memenuhi karakteristik sebagai inovasi yaitu telah memberikan keuntungan kepada penerima dan penyedia pelayanan public.Tingkat kerumitan yang dialami oleh inovasi ini tergolong kecil dan memiliki kesesuaian dengan pelayanan sebelumnya.Namun demikian inovasi ini memiliki beberapa kekurangan terkait dengan pengadaan fasilitas umum dan masih ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui adanya inovasi Sakera Jempol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS AN 50/19 Han i
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan Publik
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Handoyo, 071511133058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr.Eko Supeno, Drs.,M.Si, NIDN: '0003046502UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:53
Last Modified: 18 Dec 2019 03:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item