Analisis Prinsip Community Development pada Program Pengendalian Tuberculosis (Studi Kasus pada Inovasi Program Gerakan Masyarakat Berantas TB (Gemar Bertasbi) Di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto)

JASHINTA SILVIA BINTORO, 071511133091 (2019) Analisis Prinsip Community Development pada Program Pengendalian Tuberculosis (Studi Kasus pada Inovasi Program Gerakan Masyarakat Berantas TB (Gemar Bertasbi) Di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 59-19 Bin a ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Fis. AN. 59-19 Bin a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 59-19 Bin a.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Fis. AN. 59-19 Bin DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan prinsip Community Development pada program Gemar Bertasbi (Gerakan Masyarakat Berantas TB) di Puskesmas Bangsal Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dengan 23 informan, observasi di Puskesmas Bangsa dan Kecamatan Bangsal dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara penyajian data, analisis data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program Gemar Bertasbi (Gerakan Masyarakat Berantas TB) di Kecamatan Bangsal sudah menerapkan prinsip-prinsip community development. Prinsip motivasi sudah diterapkan karena sudah ada target yang jelas dalam program ini, adanya reward untuk kader aktif yang mencapai target, dan terdapat pendampingan untuk mendorong pelaksanaan program dan kader aktif dan kader pasif PMO telah mempunyai rasa memiliki terhadap lingkungannya. Prinsip pemberdayaan sudah mengarah pada upaya penyadaran, pengkapasitasan dan pendaayaan dan hasil dari pemberdayaan telah memenuhi dimensi keberhasilan pemberdayaan yaitu kesejahteraan, kesadaran akses, dan kontrol. Prinsip partisipasi hanya berlaku pada kader aktif dan keluarga penderita TB, untuk masyarakat lainnya masih perlu dorongan untuk berpartisipasi. Prinsip keadilan sosial sudah diterapkan melalui identifikasi permasalahan penyebab kesenjangan dalam pengobatan TB. Prinsip keberlanjutan belum diterapkan sepenuhnya karena semua masih dalam tahap perencanaan. Dan prinsip kemitraan telah dilaksanakan dengan menggandeng masyarakat, perangkat desa dan organisasi TB Aisyiyah sebagai partner UPT Puskesmas Bangsal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 59/19 Bin a
Uncontrolled Keywords: Community Development, motivasi, partisipasi, pemberdayaan, keberlanjutan, keadilan sosial, kemitraan, pengendalian TB
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T175-178 Industrial research. Research and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
JASHINTA SILVIA BINTORO, 071511133091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.sos., MDevSt., PhD, NIDN: '0016057501UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 08:25
Last Modified: 18 Dec 2019 03:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item