PEMANFAATAN JUST IN TIME PRODUCTION SYSTEM UNTUK EFISIENSI AKTIVITAS OPERASI (Kasus Pada perusahaan Air Minum Dalam Kemasan "SWA")

ADHI WARDANA, 040214311 (2011) PEMANFAATAN JUST IN TIME PRODUCTION SYSTEM UNTUK EFISIENSI AKTIVITAS OPERASI (Kasus Pada perusahaan Air Minum Dalam Kemasan "SWA"). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
skripsi adhi - gdlhub-gdl-s1-2011-wardanaadh-12637-a16810-p.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardanaadh-12637-a16810-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini perkembangan dalam lingkungan bisnis berlangsung dengan drastis dan sangat cepat. Persaingan bisnis menjadi sangat ketat dan hanya perusahaan yang menjual produk berkualitas tinggi dan harga terendah yang dapat memenangkan persaingan tersebut. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut perusahaan dituntut untuk dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan konsumen dan produk tersebut harus berkualitas baik. Penelitian kali ini dilakukan pada Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan “SWA” yang terletak di kota Gresik. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang perdagangan air minum. Perusahaan dihadapkan pada permasalahan tidak efisiennya proses produksi saat ini yang mengakibatkan timbulnya penumpukan atau over produksi pada perusahaan. Hal ini akan memberikan kerugian yang cukup berarti bagi perusahaan. Metode untuk menghilangkan pemborosan, sesuatu yang tidak menambah nilai dari seluruh aspek dalam proses produksi yang dimulai dengan pendisainan produk hingga penjualan produk dapat membantu memecahkan masalah. Metode Just In Time Production System dapat menghilangkan atau mengurangi proses produksi yang berlebih, waktu pemindahan, pergerakan barang yang tidak perlu, produk cacat, barang sisa, kerusakan mesin, dan sebagainya. Dari penelitian yang dilakukan penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penggunaan metode Just In Time Production System yang tepat dan sesuai dengan kondisi perusahaan mampu menekan pemborosan dalam proses produksi. Dengan penerapan Just In Time Production System dapat dilihat perbandingan antara processing time dan MCE saat ini dengan processing time dan MCE JIT yaitu, perbandingan processing time (menit) sistem produksi saat ini sebesar 972 dengan sistem produksi Just In Time sebesar 1650 maka dengan diterapkannya sistem produksi Just In Time, processing time meningkat sebesar 678. Sedangkan pebandingan Manufacturing Cycle Efficiency (MCE) sistem produksi saat ini sebesar 0,36 dengan sistem produksi Just In Time sebesar 0,68 maka dengan diterapkannya sistem produksi Just In Time maka MCE meningkat sebesar 0,32.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 168/10 War p
Uncontrolled Keywords: VALUE ADDED BUSINESS ENTERPRICE - FINANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADHI WARDANA, 040214311UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYUSTRIDA BERNAWATI, Dra., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 24 Feb 2011 12:00
Last Modified: 11 Sep 2016 16:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item