PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA CEDERA ACL DENGAN LATIHAN PENGUATAN

M. SEFRIANSYAH DHUHAIRI, 151610213024 (2019) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA CEDERA ACL DENGAN LATIHAN PENGUATAN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FV. FST. 05-19 Dhu p abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text
FV. FST. 05-19 Dhu p daftar isi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
FV. FST. 05-19 Dhu p daftar pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. FST. 05-19 Dhu p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) terjadi karena adanya tarikan atau robekan pada ligament tersebut di dalam sendi lutut. Cedera ligamen lutut dapat terjadi terutama saat berolahraga atau beraktivitas yang beresiko. Sebagian cedera lutut berisiko membuat fungsi lutut menjadi tidak sesempurna sebelumnya. Salah satu akibatnya, lutut kian melemah untuk menopang tubuh. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya cedera ACL seperti, mengubah arah dengan cepat, berhenti secara tiba-tiba, melambat ketika berlari, mendarat dari lompatan yang tidak baik, mekanisme contact atau tabrakan. Arthroskopi adalah teknik operasi yang sering dijadikan pilihan sebagai penanganan dari cedera ACL. Terapi Latihan adalah gerakan tubuh, postur, atau aktivitas fisik yang dilakukan secara sistematis dan terencana guna memberikan manfaat bagi pasien/klien untuk memperbaiki atau mencegah gangguan, meningkatkan, mengembalikan, atau menambah fungsi fisik, mengoptimalkan kondisi kesehatan, kebugaran, atau kualitas hidup. Terapi latihan pada cedera ACL nonoperasi ini yakni bertujuan untuk mendapatkan ROM penuh dan bebas nyeri, mengembalikan kekuatan otot, normalisasi gaya berjalan tanpa alat bantu, normalisasi fungsi ADL, dan tetap mematuhi program latihan di rumah. Peran fisioterapi dalam kasus ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional penderita. Intervensi fisioterapi berupa Terapi Latihan. Dalam laporan ini, pasien diberikan 5 kali terapi sehingga didapatkan, adanya penurunan nyeri, penurunan luas oedema, dan peningkatan kekuatan otot.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV. FST. 05-19 Dhu p
Uncontrolled Keywords: Cedera Anterior Cruciate Ligament, Arthroskopi, Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. SEFRIANSYAH DHUHAIRI, 151610213024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDit aruni Asrina Utami, NIDN: '0017048306UNSPECIFIED
ContributorEndang Srihastuti, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Oct 2019 05:24
Last Modified: 23 Oct 2019 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item