DIFUSI INOVASI PROGRAM APLIKASI “MALANG MENYAPA” (STUDI TENTANG SOSIALISASI YANG DILAKUKAN OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA MALANG)

ARDELIA TAMARA SARI, 071511133037 (2019) DIFUSI INOVASI PROGRAM APLIKASI “MALANG MENYAPA” (STUDI TENTANG SOSIALISASI YANG DILAKUKAN OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA MALANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 71-19 Sar d abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Fis. AN. 71-19 Sar d daftar isi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Fis. AN. 71-19 Sar d daftar pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 71-19 Sar d.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses difusi inovasi program Aplikasi “Malang Menyapa” dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi saat melakukan difusi inovasi. Latar belakang dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah inovasi berupa program Aplikasi “Malang Menyapa” yang diluncurkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang ternyata tidak semudah itu diterima oleh masyarakat, penyebabnya adalah kurangnya informasi yang diterima oleh masyarakat terkait peluncuran Aplikasi “Malang Menyapa”. Penelitian ini akan menggunakam perspektif dari Everett M Rogers (2003) mengenai difusi inovasi yang dapat dilihat dari beberapa indikator yakni: karakteristik inovasi, saluran komunikasi, serta tahapan proses keputusan inovasi. Data diperoleh melalui pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling dan snow ball. Sedangkan pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses difusi inovasi pada program Aplikasi “Malang Menyapa” berjalan kurang baik atau masih belum sempurna. Kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang menyebabkan banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan Aplikasi “Malang Menyapa”. Padahal, menurut masyarakat aplikasi ini memiliki potensi yang cukup bagus dalam kemajuan pariwisata Kota Malang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 71/19 Sar d
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, difusi inovasi, aplikasi “Malang Menyapa”
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ARDELIA TAMARA SARI, 071511133037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Erna Setijaningrum, S.IP, M.Si,, NIDN: '0003067002UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Oct 2019 05:19
Last Modified: 18 Dec 2019 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item