PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI E-MASTER (Studi tentang Pelaksanaan Manajemen Aparatur Sipil Negara Terpadu Elektronik di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur)

Wardiana Solicha NIM:, 071511133014 (2019) PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI E-MASTER (Studi tentang Pelaksanaan Manajemen Aparatur Sipil Negara Terpadu Elektronik di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 74-19 Sol p abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Fis. AN. 74-19 Sol p daftar isi.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Fis. AN. 74-19 Sol p daftar pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 74-19 Sol p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami tentang penerapan e-government melalui e-Master (manajemen Aparatur Sipil Negara terpadu elektronik) di Badan Kepegawaian Daerah provinsi Jawa Timur dilihat dari empat elemen sukses e-government. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumen dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling yaitu pihakpihak yang dianggap mengetahui lebih dalam mengenai pelaksanaan e-Master. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Selanjutnya teknik analisis data yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e-Master di BKD provinsi Jawa Timur jika ditinjau dari empat elemen sukses e-government sudah menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa kriteria yang menunjukkan hasil baik sebagai berikut: kualitas sumber daya manusia telah menunjukkan hasil yang baik, ketersediaan infrastuktur telah memadai, adanya pihak-pihak yang terlibat/stakeholder telah bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing, dan sosialisasi yang telah dilakukan sudah baik. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tujuan dari pelaksanaan e-Master telah tercapai. Hal tersebut dapat dilihat dari lima tujuan yang telah direncanakan, terdapat tiga tujuan yang telah tercapai dan dua tujuan yang belum tercapai. Adapun tiga tujuan dari pelaksanaan e-Master yang telah tercapai yaitu: menyajikan bahan analisis kepegawaian, menyediakan layanan kepegawaian, dan pembuatan laporan kepegawaian. Sedangkan dua tujuan dari pelaksanaan e-Master yang belum tercapai yaitu: mendukung manajemen ASN yang rasional dan berbasis sistem merit, mewujudkan database kepegawaian yang lengkap, valid, terbaru (up to date) dan terintegrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 74/19 Sol p
Uncontrolled Keywords: e-government, Pelaksanaan, e-Master
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Wardiana Solicha NIM:, 071511133014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo., Drs., MSi., NIDN: '0006035904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Oct 2019 06:24
Last Modified: 18 Dec 2019 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item