ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM (STUDI TENTANG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN LINGKAR LUAR BARAT – JLLB DI KELURAHAN SEMEMI, KECAMATAN BENOWO, KOTA SURABAYA)

ANISA YUWANA BETHARI, 071511133090 (2019) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM (STUDI TENTANG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN LINGKAR LUAR BARAT – JLLB DI KELURAHAN SEMEMI, KECAMATAN BENOWO, KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 78-19 Bet a abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Fis. AN. 78-19 Bet a daftar isi.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Fis. AN. 78-19 Bet a daftar pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 78-19 Bet a.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Kelurahan Sememi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemacetan di koridor utara selatan Kota Surabaya, sehingga Pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk melakukan Pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat di Kelurahan Sememi namun terkendala oleh beberapa masyarakat Sememi yang menolak hasil nilai ganti kerugian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk partisipasi masyarakat menurut Cohen and Uphoff, tingkatan partisipasi masyarakat menurut Pretty J, dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat menurut Najib. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Data diperoleh melalui proses wawancara mendalam dengan para informan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik penelitian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi pengadaan tanah di Kelurahan Sememi. Namun, masyarakat tidak sepenuhnya berpartisipasi dalam evaluasi pengadaan tanah. Sedangkan dari tingkatan partisipasi berada dalam tingkatan interaktif terkait dengan pembuatan keputusan dan pelaksanaan kegiatan, serta tingkatan konsultatif terkait dengan evaluasi pengadaan tanah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat antara lain hubungan pemerintah dengan masyarakat, faktor politik, kultural, kepemimpinan, dan forum warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FISW AN 78/19 Bet a
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengadaan Tanah, Pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANISA YUWANA BETHARI, 071511133090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSulikah Asmorowati, S.Sos.,M,DevSt,Phd., NIDN: '0016057501UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Oct 2019 06:42
Last Modified: 18 Dec 2019 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item