RANCANG BANGUN ROBOT 3 OMNI – DIRECTIONAL DENGAN METODE HOLONOMIC (BAGIAN I)

JIHAN INTAN PRANANINGRUM, 151611613008 (2019) RANCANG BANGUN ROBOT 3 OMNI – DIRECTIONAL DENGAN METODE HOLONOMIC (BAGIAN I). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. OSI. 04-19 Pra r abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
FV. OSI. 04-19 Pra r daftar isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
FV. OSI. 04-19 Pra r daftar pustaka.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. OSI. 04-19 Pra r.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan salah satu kompetisi robotika tingkat regional dan dilanjutkan ke tingkat nasional yang diadakan secara teratur setiap tahun. Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa divisi salah satunya yaitu Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Pada Kontes Robot Indonesia divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, yang menjadi kunci utama untuk memenangkan perlombaan yaitu pada pergerakan (motion) robot. Dan juga pada mekanisme penendang bola. Robot dituntut untuk memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam melakukan manuver untuk mengejar bola saat kontes berlangsung sehingga dapat bersaing dan mengalahkan robot kontestan lainnya. Namun sayangnya, pergerakan robot dirasa masih belum optimal untuk mampu bersaing dalam kompetisi ini. Hal ini menginspirasi penulis untuk membuat rancang bangun robot 3 omni – directional dengan holomonic dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kebebasan dan pergerakan robot, sehingga memudahkan pergerakan robot kesegala arah. Konsep holomonic juga bertujuan untuk menentukan sudut peletakan motor DC dan 3 roda omni – directional yang digerakkan dengan bantuan EMS 30 A H – Bridge sebagai driver dan arduino mega sebagai mikrikontroler utama. Berdasarkan pengujian dan analisa yang dilakukan adalah lebih lincah dan fleksibel sehingga meningkatkankan manuver pada robot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 04/19 Pra r
Uncontrolled Keywords: Arduino Mega 2560, roda omni – directional, pushbutton, EMS 30 A – H Bridge, motor DC PG-45.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsNIM
JIHAN INTAN PRANANINGRUM, 151611613008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRiky Tri YunardiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:13
Last Modified: 24 Oct 2019 01:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item