RANCANG BANGUN ROBOT PEMBERSIH SAMPAH BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN I)

LUWIHHAN BINTANG SUPROBO, 151611613022 (2019) RANCANG BANGUN ROBOT PEMBERSIH SAMPAH BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN I). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. OSI. 28-19 Sup r abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text
FV. OSI. 28-19 Sup r daftar isi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
FV. OSI. 28-19 Sup r daftar pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. OSI. 28-19 Sup r.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah pesat, terutama pada penciptaan robot. Tujuan dari penciptaan robot adalah guna mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan aktivitas secara efektif dan efisien. Tidak terkecuali dalam hal membersihkan suatu tempat. Seringkali manusia lalai atau tidak sempat mengerjakan hal tersebut dikarenakan lelah bekerja, banyak urusan, maupun ada kalanya area tersebut tidak dapat dijangkau secara manual, dimana jika saat membersihkan dengan pembersih manual sapu pada tempat yang luas atau panjang maka dibutuhkan banyak tenaga untuk melakukan pembersihan, dan jika dilakukan dengan terus menerus maka terjadi kelelahan dan akhirnya merugikan dalam hal kesehatan dan mengabaikan kebersihan lingkungan Guna mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah robot atau alat pembersih otomatis agar mempermudah aktivitas manusia dalam membersihkan suatu tempat dan bergerak secara otomatis, pada mekanik dan hardware robot pembersih yang dibuat dengan rangka dari material akrilik dan menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai kontrol robot pembersih yang kemudian terdiri dari Sensor Ultrasonik HCSR04, Sensor TCS3200, Driver Motor L298N, Motor DC Gearbox, Servo SG-90 dan suplai dari Baterai Lithium-Ion, dimana pada robot pembersih memiliki pergerakan menghindari halangan dan mendeteksi keberadaan sampah kemudian melakukan proses pembersihan. Robot pembersih yang melakukan pergerakan untuk menghindar dari halangan dan mendeteksi keberadaan sampah, dengan hasil akhir melakukan proses pembersihan sampah memiliki nilai prosentase keberhasilan 80 % dalam proses pembersihan sampah dimana telah dilakukan pengujian sebanyak sepuluh kali.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 28/19 Sup r
Uncontrolled Keywords: sampah, robot, mikrokontroler
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsNIM
LUWIHHAN BINTANG SUPROBO, 151611613022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFranky Chandra Satria A, S.T., M.T., NIDN: '0728018302UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:35
Last Modified: 24 Oct 2019 08:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item