ANALISIS PENILAIAN RISIKO DAN PENGENDALIAN RISIKO KESELAMATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGELASAN DI CONFINED SPACE PT X TUBAN (Studi Kasus Disalah Satu Subkontraktor PT Semen Indonesia Tuban)

VIEVI RULDI MUFAIDAH, 101411133034 (2019) ANALISIS PENILAIAN RISIKO DAN PENGENDALIAN RISIKO KESELAMATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGELASAN DI CONFINED SPACE PT X TUBAN (Studi Kasus Disalah Satu Subkontraktor PT Semen Indonesia Tuban). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FKM.263-19 Muf a abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text
FKM.263-19 Muf a daftar isi.pdf

Download (22kB)
[img] Text
FKM.263-19 Muf a daftar pustaka.pdf

Download (66kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.263-19 Muf a.pdf
Restricted to Registered users only until 28 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbaikan mesin electrostatic precipitator cooler melibatkan kegiatan pengelasan di confined space sehingga perusahaan di bidang produksi semen perlu memahami bahaya-bahaya yang ada dengan melakukan identifikasi bahaya. Proses pengelasan berhubungan dengan bahaya fisik, kimia, mekanik, dan listrik yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, apabila pengelasan dilakukan di ruang terbatas maka bahaya bertambah termasuk bahaya kimia di udara, konfigurasi dari struktur bangunan, aliran udara yang buruk, ataupun kombinasi bahaya yang ada. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis penilaian risiko dan pengendalian risiko keselamatan kerja pada kegiatan pengelasan di confined space. Desain penelitian yaitu deskriptif observasional menggunakan pendekatan cross sectional. Informan penelitian ini adalah tenaga kerja dengan kriteria pekerja las PT X Tuban dalam perbaikan mesin electrostatic precipitator cooler pabrik Tuban IV di PT Semen Indonesia Tuban. Sampling yang diperoleh pada penelitian ini adalah 2 pekerja las dibagian rappingbar, 1 HSE, dan 1 engineer yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data primer dengan cara observasi dan wawancara menggunakan lembar checklist, data sekunder berupa profil perusahaan dan laporan harian keselamatan. Hasil analisis penilaian risiko menunjukkan terdapat 21% risiko yang tidak dapat ditolerir, 45% risiko dapat ditolerir, dan 34% risiko yang dapat diterima pada kegiatan pengelasan di confined space. PT X Tuban telah melakukan pengendalian risiko yang baik namun masih terdapat risiko sisa yang perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian yang sesuai standar operasional prosedur pada pekerjaan pengelasan di confined space. Kesimpulan dari penelitian ini adalah potensi bahaya kegiatan pengelasan di confined space diantaranya mekanik, fisis, ergonomik, listrik, dan kimia. Masih terdapat pekerjaan yang memiliki potensi bahaya penyebab fatality. Sebagian besar risiko yang dapat ditolerir dan risiko ekstrem perlu dilakukan upaya pengendalian tambahan. Sebagian besar upaya pengendalian telah dilakukan dengan baik namun masih terdapat risiko sisa yaitu kerusakan pada pengaman tabung yang masih memiliki tingkat risiko tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah penyediaan serta penggunaan alat pelindung diri yang sesuai dan pembudayaan tool box meeting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 263/19 Muf a
Uncontrolled Keywords: penilaian risiko, pengendalian risiko, pengelasan, ruang terbatas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
VIEVI RULDI MUFAIDAH, 101411133034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dwiyanti, Dra., M.Kes., NIDN: '0023106603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:58
Last Modified: 28 Oct 2019 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item