HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN STATUS GIZI PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMKITAL DR. RAMELAN SURABAYA

ANNISA RACHMA FIRDAUSI DARMAWAN, 101511233034 (2019) HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN STATUS GIZI PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMKITAL DR. RAMELAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FKM.GZ.34-19 Dar h.pdf
Restricted to Registered users only until 29 October 2022.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
FKM.GZ.34-19 Dar h daftar pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
FKM.GZ.34-19 Dar h daftar isi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
FKM.GZ.34-19 Dar h abstrak.pdf

Download (208kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular yang ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Salah satu pengobatan berbasis medis yang dilakukan yaitu kemoterapi. Kemoterapi dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada penderita kanker, sehingga berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan energi dan zat gizi makro. Selain nafsu makan, kepatuhan diet dan dukungan keluarga juga dapat memengaruhi pemenuhan kebutuhan energi dan zat gizi makro. Terpenuhi atau tidaknya kebutuhan energi dan zat gizi makro dapat memengaruhi secara langsung terhadap status gizi penderita kanker. Tujuan dalam penelitian adalah menganalisis hubungan antara kepatuhan diet dan dukungan keluarga dengan status gizi pasien kanker yang menjalani kemoterapi di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien kanker yang dijadwalkan akan melakukan kemoterapi pada bulan April hingga Mei 2019 dengan usia ≥19 tahun. Sebanyak 75 pasien dipilih menjadi sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang dikumpulkan meliputi data karakteristik responden melalui wawancara, asupan makan untuk menilai kepatuhan diet dengan metode food recall 2x24 hours, dukungan keluarga melalui wawancara berdasarkan kuisioner dari Hariyono (2007), serta status gizi berdasarkan berat badan dan tinggi badan menggunakan standar IMT dari Kemenkes 2014. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan diet (dinilai berdasarkan persentase energi (p=0,024), protein (p=0,035), lemak (p=0,047), dan karbohidrat (p=0,004)) dengan status gizi pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Namun tidak terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan status gizi pasien kanker yang menjalani kemoterapi (p=0,970). Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu kepatuhan diet yang dilihat berdasarkan asupan energi dan zat gizi makro memengaruhi baik atau tidaknya status gizi pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Namun dukungan keluarga tidak memengaruhi status gizi pada penderita kanker dengan kemoterapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.GZ 34/19 Dar h
Uncontrolled Keywords: asupan energi dan zat gizi makro, kepatuhan diet, dukungan keluarga, status gizi
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANNISA RACHMA FIRDAUSI DARMAWAN, 101511233034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorProf. Dr. Merryana Adriani, S.KM., M.Kes, NIDN: '0017055904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:44
Last Modified: 29 Oct 2019 01:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item