Pengaruh Literasi Suku Bunga Kredit Pt. Permodalan Nasional Madani (Persero) Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Oleh Ibu Rumah Tangga Desa Mojoarum, Kabupaten Tulungagung

Dita Aprilia Dwiyanti (2019) Pengaruh Literasi Suku Bunga Kredit Pt. Permodalan Nasional Madani (Persero) Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Oleh Ibu Rumah Tangga Desa Mojoarum, Kabupaten Tulungagung. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV.PBK.37-19 Dwi p.pdf

Download (450kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV.PBK.37-19 Dwi p.pdf

Download (421kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV.PBK.37-19 Dwi p.pdf

Download (485kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FV.PBK.37-19 Dwi p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan bank dan lembaga keuangan menyebabkan banyak pihak yang akhirnya menawarkan kredit dalam berbagai bentuk. Baik untuk mengembangkan usaha maupun untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh literasi suku bunga PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) terhadap pengambilan keputusan kredit oleh ibu rumah tangga di Desa Mojoarum, Kabupaten Tulungagung. Pengaruh literasi suku bunga dalam penelitian ini diukur dari empat indikator yang dimiliki oleh variabel literasi suku bunga dan empat indikator variabel keputusan kredit. Empat indikator literasi suku bunga antara lain besaran suku bunga, metode perhitungan suku bunga, suku bunga pasar, dan jangka waktu. Indikator yang diukur dalam variabel keputusan kredit antara lain pemecahan masalah, penyediaan informasi yang memadai, evaluasi alternatif, dan penggunaan ulang. Sampel dalam penelitian sebanyak 50 ibu rumah tangga Desa Mojoarum dan tercatat sebagai nasabah yang menggunakan kredit PT. PNM. Dari model analisis regresi linear yang digunakan diketahui hasil koefisien regresi sebesar 0,377 dan nilai signifikansi 0,012. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh suku bunga PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) terhadap keputusan pengambilan kredit. Tingkat pengetahuan atau literasi suku bunga yang tinggi membuat masyarakat yakin untuk mengambil kredit, dan dengan keyakinan ini risiko kredit dapat dihindari.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PBK.37/19 Dwi p
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, literasi suku bunga kredit, suku bunga kredit, keputusan kredit
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perbankan
Creators:
CreatorsNIM
Dita Aprilia DwiyantiNIM151610913058
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri IsmiyantiNIDN0023097607
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 13 Feb 2020 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item