SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN PT. KENZIE ABIAH WISESA SURABAYA

IRVANDY HANDOYO, 151611513019 (2019) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN PT. KENZIE ABIAH WISESA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.SI.11-19 Han s abstrak.pdf

Download (19kB)
[img] Text
FV.SI.11-19 Han s daftar isi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
FV.SI.11-19 Han s daftar pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.SI.11-19 Han s.pdf
Restricted to Registered users only until 29 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir Sistem Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya adalah untuk dapat mempermudah pegawai perusahaan untuk melakukan kegiatan pelayanan jasa pengiriman menjadi lebih efektif dan efisien. Saat ini, kondisi PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya dalam penerapan teknologi informasi dirasa sangat kurang untuk melakukan pelayanan jasa pemesanan pelanggan. Karena itu dibutuhkan Sistem Informasi Pelayanan pegawai agar pelayanan dapat berjalan dengan cepat dan tepat. Sistem ini menangani tiga proses utama yaitu proses pendaftaran pelanggan, proses pemesanan pelanggan, dan proses pembayaran pelanggan. Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya dibangun melalui lima tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan cara wawancara. Tahap kedua yang dilakukan adalah menganalisis permasalahan proses kerja sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram (Docflow) dan Fishbone Diagram. Tahap ketiga yang dilakukan adalah mendesain User Interface (UI) sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjang yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database digambarkan dengan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 15 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 15 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat yang dilakukan adalah menggambarkan sistem dengan Bagan Alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir yang dilakukan adalah melakukan uji coba sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis pada PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya yaitu dapat menangani bebarapa proses bisnis yang ada secara efektif dan efisien yang dapat menampilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 11/19 Han s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan Pelanggan, PT. Kenzie Abiah Wisesa
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
IRVANDY HANDOYO, 151611513019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNasa Zata Dina S.Kom., M.Kom., M.Sc, NIDN:'0012039101UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 29 Oct 2019 06:28
Last Modified: 29 Oct 2019 06:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item