PROSEDUR PEMBUATAN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN RAHANG ATAS DENGAN BAHAN RESIN NILON TERMOPLASTIK PADA KASUS GIGITAN TERBALIK UNILATERAL

NUR ROJIATUN, 151610513010 (2019) PROSEDUR PEMBUATAN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN RAHANG ATAS DENGAN BAHAN RESIN NILON TERMOPLASTIK PADA KASUS GIGITAN TERBALIK UNILATERAL. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.TKG.29-19 Roj p abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
FV.TKG.29-19 Roj p daftar isi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
FV.TKG.29-19 Roj p daftar pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.TKG.29-19 Roj p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Secara umum gigi tiruan lepasan dengan bahan nilon termoplastik menjadi salah satu pilihan baik untuk dokter gigi dan juga pasien, sebagai alternatif karena lebih estetis namun tetap bersifat fungsional. Gigi tiruan sebagian lepasan memiliki fleksibilitas dan biokompatibilitas yang cukup baik, dapat menyesuaikan diri dengan bentuk dan gerakan dari mulut sehingga jauh lebih nyaman untuk dipakai. Tujuan: untuk mengetahui prosedur pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan rahang atas dengan bahan resin nilon termoplastik pada kasus gigitan terbalik unilateral. Tinjauan pustaka: Alternatif perawatan pada kasus kehilangan sebagian gigi asli ada banyak pilihan, salah satu diantaranya adalah gigi tiruan sebagian lepasan dengan bahan nilon termoplastik atau dikenal dengan nama gigi tiruan fleksibel. Gigi tiruan sebagian lepasan nilon termoplastik adalah gigi tiruan sebagian lepasan yang terbuat dari bahan fleksibel dan beradaptasi dengan jaringan secara baik. Bahan dari nilon termoplastik memberikan tingkat fleksibilitas dan stabilitas ideal saat diproses sampai selesai dengan ketebalan yang dianjurkan. Kasus: Model kerja dengan kasus gigitan terbalik unilateral pada rahang atas kehilangan gigi 12 dan 14 dengan antagonis pada rahang bawah kehilangan gigi 36 dan mendapatkan intruksi dari dokter gigi untuk membuatkan gigi tiruan sebagian lepasan dengan nilon termoplastik. Kesimpulan: Tahapan pembuatan gigi tiruan lepasan rahang atas dengan bahan nilon termoplastik pada kasus gigitan terbalik unilateral yang harus mendapatkan perhatian lebih yaitu pada tahap menentukan desain pada sayap bagian bukal, serta penyusunan gigi yang disusun dengan seideal mungkin agar estetika dan fungsi pengunyahan pasien tidak terganggu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TKG 29/19 Roj p
Uncontrolled Keywords: Gigi tiruan lepasan, crossbite unilateral, nilon termoplastik, estetik
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NUR ROJIATUN, 151610513010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOkti Setyowati,drg.,M.kes, NIDN:'0018105905UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 30 Oct 2019 05:17
Last Modified: 30 Oct 2019 05:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item