SISTEM INFORMASI PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) BPS KISWORO PRATIWI SURABAYA BERBASIS MOBILE

USWANTO, 151611513009 (2019) SISTEM INFORMASI PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) BPS KISWORO PRATIWI SURABAYA BERBASIS MOBILE. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.SI.15-19 Usw s abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
FV.SI.15-19 Usw s daftar isi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
FV.SI.15-19 Usw s daftar pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.SI.15-19 Usw s.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat aplikasi mobile yang dapat menangani pelayanan keluarga berencana meliputi proses pendaftaran hingga proses pembuatan laporan sehingga dapat menjadikan prosedur pelayanan yang saat ini berjalan menjadi lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini menangani lima proses utama yaitu proses pendaftaran, proses pemeriksaan, proses pencatatan kunjungan, proses penjadwalan yang mana akan mengirim notifikasi kepada pasien yang dalam waktu dekat harus melakukan kunjungan KB, dan proses pembuatan laporan. Dalam membangun Sistem Informasi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) BPS Kisworo Pratiwi Surabaya berbasis Mobile membutuhkan lima tahap. Tahap pertama dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna yang dilakukan melalui wawancara tatap muka. Selanjutnya, tahap kedua dilakukan analisis permasalahan pada proses pelayanan keluarga berencana yang berjalan saat ini yang digambarkan dengan diagram fishbone dan mengidentifikasi kebutuhan fungsional dari permasalahan-permasalahan yang tergambar di fishbone. Pada tahap ketiga memulai desain sistem yang terdiri dari desain proses, desain database dan desain antarmuka. Desain proses digambarkan dengan Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram. Sedangkan desain database dibangun menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang terdiri atas 15 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang terdiri atas 15 tabel. Dari desain proses dan database kemudian dirancang desain antarmuka. Dilanjutkan tahap keempat yaitu implementasi dari desain sistem yang telah dibuat menjadi aplikasi mobile menggunakan pemrograman berorientasi objek dan dijelaskan dengan bagan alir. Tahap terakhir dilakukan testing atau pengujian menggunakan metode black-box berdasarkan analisis sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian sistem, Sistem Informasi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) BPS Kisworo Pratiwi Surabaya berbasis Mobile telah dibangun sesuai dengan kebutuhan fungsional dan tujuannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 15/19 Usw s
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, Sistem Informasi, Pelayanan Keluarga Berencana (KB) BPS Kisworo Pratiwi Surabaya
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
USWANTO, 151611513009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.,, NIDN:'0031107705UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:46
Last Modified: 30 Oct 2019 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item