PERIODE PEMBERIAN PROBIOTIK TERHADAP TOTAL BAKTERI, TOTAL VIBRIO DI SALURAN PENCERNAAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG VANAME PADA PEMELIHARAAN BAK TERPAL = PERIOD OF GIVING PROBIOTICS AGAINTS TOTAL BACTERIA, TOTAL VIBRIO IN DIGESTION TRACT AND THE SURVIVAL RATE OF WHITE SHRIMP IN CULTURE OF TARPAULIN POND

HARIS GAJANG BASKORO, 141511133166 (2019) PERIODE PEMBERIAN PROBIOTIK TERHADAP TOTAL BAKTERI, TOTAL VIBRIO DI SALURAN PENCERNAAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG VANAME PADA PEMELIHARAAN BAK TERPAL = PERIOD OF GIVING PROBIOTICS AGAINTS TOTAL BACTERIA, TOTAL VIBRIO IN DIGESTION TRACT AND THE SURVIVAL RATE OF WHITE SHRIMP IN CULTURE OF TARPAULIN POND. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.230-19 Bas p ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.230-19 Bas p DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.230-19 Bas p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.230-19 Bas p FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budidaya udang, serta industri lainnya, terus-menerus memerlukan teknik baru untuk peningkatan hasil produksi. Praktek budidaya udang yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dapat dilakukan dengan mengurangi volume air yang ditukar, sehingga mengurangi limbah dan masuknya patogen. Vibriosis merupakan salah satu penyakit bakteri yang disebabkan oleh Vibrio. Probiotik dapat digunakan sebagai pengganti antibiotik yang aman dan efektif untuk mengurangi bakteri patogen. Probiotik yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas bakteri Bacillus subtilis, Bacillus mycoides, dan Pseudomonas diminuta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara aplikasi probiotik Bacillus dan Pseudomanas dengan periode pemberian probiotik yang berbeda berbeda terhadap peningkatan total bakteri dan penurunan total Vibrio pada saluran pencernaan udang vaname. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Uji T, yang menggunakan 2 perlakuan: P1: Budidaya udang vaname dengan periode pemberian bakteri probiotik 2 kali per minggu dan P2: Budidaya udang vaname dengan periode pemberian bakteri probiotik 3 kali per minggu, dengan jumlah sampling 30 ekor merupakan 2% dari padat tebar yaitu 1500 ekor udang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa udang vaname yang dibudidayakan dengan pemberian probiotik Bacillus dan Pseudomonas 2 kali per minggu dan 3 kali per minggu menunjukkan peningkatan total bakteri dan penurunan total Vibrio didalam saluran pencernaan udang vaname yang berbeda. Total bakteri lebih tinggi dan total Vibrio lebih rendah pada udang dengan pemberian probiotik Bacillus dan Pseudomonas 3 kali per minggu daripada 2 kali per minggu dengan kelangsungan hidup 84,73%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.230/19 Bas p
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
HARIS GAJANG BASKORO, 141511133166UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, 0007096103UNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Shofy Mubarak, 000UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:51
Last Modified: 30 Oct 2019 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90245
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item