Efektivitas Media Video Edukasi Terhadap Pelayanan Radiologi Pada Pasien Rawat Jalan Dengan Pemeriksaan Foto Rontgen Thorax Di Rsud Kabupaten Kediri

Aldo Sudaryanto (2019) Efektivitas Media Video Edukasi Terhadap Pelayanan Radiologi Pada Pasien Rawat Jalan Dengan Pemeriksaan Foto Rontgen Thorax Di Rsud Kabupaten Kediri. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV. RD. 14-19 Sud e abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV. RD. 14-19 Sud e daftar isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV. RD. 14-19 Sud e daftar pustaka.pdf

Download (178kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV. RD. 14-19 Sud e.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media video edukasi merupakan salah satu media atau alat yang membantu klinisi dalam memberikan edukasi kesehatan. Penggunaan video, secara khusus dapat membantu dalam pemberian informasi kesehatan terhadap masyarakat umum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas video edukasi melalui tingkat pengengtahuan, kecemasan, dan kepuasan pasien terhadap pelayanan radiologi pada pemeriksaan foto rontgen thorax di RSUD Kabupaten Kediri. Jenis Penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien foto rontgen thorax pada Bulan Juli 2019 di RSUD Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah systematic random sampling. Sampel yang digunakan adalah 50 pasien foto rontgen thorax di RSUD Kabupaten Kediri yang memenuhi kriteria inklusi sampel penelitian dan tidak termasuk pada kriteria eksklusi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan uji Mann Whitney untuk mengetahui tingkat kecemasan dan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan media video edukasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan pasien pada kelompok perlakuan (P = 0,000). Media video edukasi juga memiliki pengaruh yang bermakna terhadap tingkat kecemasan pasien (P = 0,039) dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan radiologi (P = 0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah media video edukasi dinilai efektif untuk meningkatkan pelayanan radiologi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan tingkat pengetahuan pasien terhadap pemeriksaan foto rontgen thorax dan memberikan pengaruh terhadap tingkat kecemasan serta kepuasan pasien di RSUD Kabupaten Kediri. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu, mengukur tingkat kecemasan pasien saat pre-test dan post-test.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.RD.14/19 Sud e
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, kepuasan, pengetahuan, video edukasi.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Aldo SudaryantoNIM151510383024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih DamayantiNIDN0019118802
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 13 Feb 2020 07:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item