SISTEM INFORMASI PADA BENGKEL MOBIL O2 CAR AUTOMOTIVE GRESIK

INDAH SRI UTAMI, 151611513039 (2019) SISTEM INFORMASI PADA BENGKEL MOBIL O2 CAR AUTOMOTIVE GRESIK. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.SI.51-19 Uta s abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
FV.SI.51-19 Uta s daftar isi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
FV.SI.51-19 Uta s daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.SI.51-19 Uta s.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan akhir dari Tugas Akhir ini adalah mempermudah proses bisnis dalam pelayanan service dan penjualan barang sparepart dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web. Sistem ini menangani lima proses, yaitu proses registrasi customer, proses pelayanan service, proses penjualan barang sparepart, proses pembayaran, dan proses pembuatan laporan. Sistem Informasi Pada Bengkel Mobil O2 Car Automotive dibangun melalui lima tahapan. Tahap pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan data yang diperoleh dengan melakukan wawancara kepada Bengkel Mobil O2 Car Automotive kemudian mengidentifikasi proses yang ada saat ini yang dijelaskan pada Document Flow Diagram. Tahap kedua adalah merumuskan permasalahan yang terjadi yang digambarkan dengan diagram fishbone sehingga dapat menganalisa kebutuhan yang berkaitan dengan proses-proses tersebut untuk mendesain sistem dan database. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan menggunakan hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD). Desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang kemudian di generate ke Physical Data Model (PDM) yang terdiri dari 17 tabel. Berdasarkan desain tersebut, kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah mengimplementasikan sistem menggunakan Flow Chart, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan implementasi dan uji coba sistem yang dimulai dari proses login, pelayanan service, penjualan barang, pembayaran, dan pembuatan laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pada Bengkel Mobil O2 Car Automotive yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis Bengkel Mobil O2 Car Automotive, yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara efisien dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 51/19 Uta s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, layanan bengkel, penjualan sparepart, berbasis web
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
INDAH SRI UTAMI, 151611513039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTesa Eranti Putri, S.Kom., M.Kom.,, NIDN: '0023048904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:29
Last Modified: 04 Nov 2019 06:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90447
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item