PAHLAWAN EKONOMI DAN PEJUANG MUDA DI KOTA SURABAYA (Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Kapasitas Pengusaha Perempuan Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan)

ZALZA RIESTY REVARA, 071511133038 (2019) PAHLAWAN EKONOMI DAN PEJUANG MUDA DI KOTA SURABAYA (Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Kapasitas Pengusaha Perempuan Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis.AN.85-19 Rev p abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Fis.AN.85-19 Rev p daftar isi.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Fis.AN.85-19 Rev p daftar pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.AN.85-19 Rev p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam proses pengembangan kapasitas pengusaha perempuan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan pada program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda di Kota Surabaya. Program ini bertujuan agar pengusaha perempuan dapat menjadi tulang punggung keluarga kedua dan sebagai penggerak roda perekonomian kedua bagi keluarganya sehingga mampu mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup. Untuk itu pemerintah kota Surabaya memberikan pelatihan guna mengasah keterampilan yang dimiliki para pengusaha perempuan yang merupakan sasaran dari program pahlawan ekonomi dan pejuang muda di kota Surabaya. Untuk melihat proses pengembangan kapasitas digunakan teori dari UNDP yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Engange Stakeholders, Asses Capacity Assets And Needs, Formulate Capacity Development and Program, Implement, and Evaluate. Kemudian untuk melihat peran pemerintah yang mempengaruhi pengembangan kapasitas digunakan teori dari Gede Diva yang terdiri dari pemerintah sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima tahapan pengembangan kapasitas sudah dilaksanakan semua sesuai rencana dan tujuan yang telah ditetapkan, namun masih terdapat kendala yaitu pada tahapan Implement Capacity Development dikarenakan kurangnya komunikasi antara pemerintah dan komunitas; dan kurangnya kesadaran pengusaha perempuan untuk mengikuti pelatihan. Peran pemerintah sebagai fasilitator terdapat pada tahapan Engage Stakeholders on Capacity Development, Asses Capacity Assets and Needs, and Implement a Capacity Development. Peran pemerintah sebagai regulator terdapat pada tahapan Asses Capacity Assets and Needs, Formulate Capacity Development and Program, and Implement a Capacity Development. Dan yang terakhir peran pemerintah dsebagai katalisator terdapat pada tahapan Asses Capacity Assets and Needs, Implement a Capacity Development, dan Evaluate Capacity Development.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 85/19 Rev p
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah, Pengembangan Kapasitas, Program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda di Kota Surabaya
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZALZA RIESTY REVARA, 071511133038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErna Setijaningrum, S.I.P., M.Si, NIDN: '0003067002UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:07
Last Modified: 18 Dec 2019 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90456
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item