PERSAINGAN USAHA PADA INDUSTRI KULINER ( Studi Tentang Bentuk Persaingan dan Strategi dalam Menghadapi Persaingan antar Pelaku Usaha Kuliner Sate Ayam di Kabupaten Ponorogo )

HERDIANA ULFA DWI PUSPASARI, 071511433035 (2019) PERSAINGAN USAHA PADA INDUSTRI KULINER ( Studi Tentang Bentuk Persaingan dan Strategi dalam Menghadapi Persaingan antar Pelaku Usaha Kuliner Sate Ayam di Kabupaten Ponorogo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis.S.76-19 Pus p abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Fis.S.76-19 Pus p daftar isi.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Fis.S.76-19 Pus p daftar pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Fis.S.76-19 Pus p jurnal.pdf

Download (200kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.76-19 Pus p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri kuliner sate ayam merupakan salah satu industri makanan khas Kabupaten Ponorogo. Perkembangan industri kuliner memberikan peluang yang menjanjikan bagi masyarakat untuk membuka usaha kuliner sate ayam, ditandai dengan terdapat beberapa kawasan yang khusus untuk pedagang sate ayam. Dari banyaknya pelaku usaha sate ayam di Kabupaten Ponorogo tidak dapat dihindari terjadinya persaingan antar pelaku usaha kuliner sate ayam. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana bentuk persaingan yang terjadi pada industri kuliner sate ayam serta bagaimana strategi para pelaku usaha kuliner sate ayam dalam menghadapi persaingan usaha. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persaingan George Simmel dan teori sistem kepercayaan Max Weber. Paradigma yang digunakan adalah definisi sosial dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kawasan Ngepos Jalan Gajah Mada Kabupaten Ponorogo dengan mewawancarai beberapa pelaku usaha yang menghadapi situasi persaingan dalam menjalankan usaha. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat dua bentuk persaingan yang terjadi antar pelaku usaha kuliner sate ayam yaitu persaingan yang berorientasi tidak berisikan tujuan dan persaingan yang berorientasi tujuan. Persaingan yang tidak berorientasi tujuan yakni mempengaruhi pembeli dengan cara menghasut pembeli dengan kalimat persuasif sedangkan persaingan yang berorientasi tujuan yakni dengan memperhatikan tujuan utamanya dalam menjalankan usaha serta mendapatkan hasil untuk memenuhi kebutuhan. Strategi yang digunakan dalam menghadapi persaingan yaitu strategi tradisional dan strategi rasional. Strategi tradisional yaitu penggunaan penglaris serta pasrah dan berdoa. Strategi rasional yaitu mempertahankan kualitas, pemilihan tempat yang strategis, pemanfaatan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 76/19 Pus p
Uncontrolled Keywords: Industri Kuliner, persaingan, strategi, sistem kepercayaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
HERDIANA ULFA DWI PUSPASARI, 071511433035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Septi Ariadi, Drs., MA, NIDN: '0023096303UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Nov 2019 05:01
Last Modified: 05 Nov 2019 05:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item