Vocabulary Profile Of Kumon Efl Textbooks Published By Kumon Institute Of Education

Yollandah Sari (2019) Vocabulary Profile Of Kumon Efl Textbooks Published By Kumon Institute Of Education. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 40-19 Sar v abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 40-19 Sar v daftar isi.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 40-19 Sar v daftar pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BE. 40-19 Sar v.pdf
Restricted to Registered users only until 12 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mengidentifikasi profil kosa kata dalam buku terutama diperlukan dalam belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa profil kosakata dalam buku Kumon EFL yang diterbitkan oleh Kumon Institute of Education. Penelitian ini menggunakan korpus linguistik sebagai metode dalam mengumpulkan data. Korpus yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari bacaan-bacaan yang terkandung dalam buku Kumon, terutama di level K hingga level O yang diterbitkan oleh Kumon Institute of Education. Korpus dalam penelitian ini terdiri dari sekitar 60.000 kata secara total. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori vocabulary frequency levels oleh Nation (2013) dan BNC/COCA word family lists oleh Nation (2012). Penelitian ini menggunakan kosakata profiler yang disebut Lextutor sebagai alat untuk menganalisis data. Studi ini menunjukkan bahwa persentase high-frequency vocabulary dari lima buku tersebut fluktuatif seiring dengan peningkatan level. Terlebih lagi, persentase dari mid-frequency vocabulary dari kelima buku tersebut menunjukkan angka 98% hingga 99% yang dimana lebih tinggi dari persentase yang disebutkan oleh Nation. Setelah itu, hanya ada sedikit peningkatan dalam persentase low-frequency vocabulary dari lima buku tersebut. Kesimpulannya, buku teks Kumon EFL, terutama di level K hingga level O telah memuat cakupan teks yang baik yang membuat siswa dapat mencapai pemahaman bacaan yang diharapkan dari teks karena frekuensi kosakata dari lima buku ini telah memenuhi minimum persentase untuk mendapatkan pemahaman yang memadai untuk siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.40/19 Sar v
Uncontrolled Keywords: Buku Teks EFL, Profil Kosakata, Kosakata Frekuensi Tinggi, Kosakata Frekuensi Menengah, Kosakata Frekuensi Rendah
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Yollandah SariNIM121511233036
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuni Sari AmaliaNIDN006127407
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:32
Last Modified: 31 Jan 2020 04:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item