TThe Correlation Between Motivation And Grammar Mastery Of English Learners – A Study Of Second-Year Students At Sma Negeri 1 Sidoarjo

Ristra Russilahiba (2019) TThe Correlation Between Motivation And Grammar Mastery Of English Learners – A Study Of Second-Year Students At Sma Negeri 1 Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 57-19 Rus c abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 57-19 Rus c daftar isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 57-19 Rus c daftar pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BE. 57-19 Rus c.pdf
Restricted to Registered users only until 14 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbicara mengenai pembelajaran bahasa asing, motivasi diyakini sebagai salah satu faktor penentu yang dapat menjadi pembeda antara satu pembelajar bahasa dengan pembelajar lainnya – jika dilihat dari segi kemahiran berbahasa – entah seorang pembelajar tergolong dalam tingkat mampu atau sebaliknya. Motivasi bertindak sebagai “bahan bakar” yang menggerakkan semangat dan minat para pembelajar untuk tetap “hidup” dalam proses pemerolehan bahasa asing. Di sisi lain, tata bahasa adalah intisari dari seluruh bahasa di dunia. Disebutkan jika seseorang ingin menguasai suatu bahasa dengan baik, maka ia diharuskan untuk mengasah kemampuan tata bahasanya terlebih dahulu. Tanpa pengetahuan dan kemahiran tata bahasa yang mumpuni, dikhawatirkan seorang pembelajar akan lebih cenderung untuk memproduksi kalimat atau ucapan yang menyalahi aturan tata bahasa yang telah ditentukan, yang mana hal ini dapat berakibat pada terjadinya komunikasi yang tidak efektif. Penelitian ini mengevaluasi hubungan antara motivasi dan penguasaan tata bahasa pembelajar bahasa Inggris, khususnya pada pelajar kelas dua pada jenjang sekolah menengah atas. Sebanyak 61 satu siswa dari SMA Negeri 1 Sidoarjo terpilih sebagai partisipan dari penelitian ini. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, hasil dari penelitian ini menunjukkan jika para partisipan terindikasi memiliki tingkat motivasi belajar bahasa Inggris yang tinggi, meskipun perolehan nilai mereka pada tes tata bahasa yang dilaksanakan masih tergolong kurang. Perhitungan korelasi antara motivasi dan penguasaan tata bahasa pada studi ini menunjukkan jika tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.57/19 Rus c
Uncontrolled Keywords: Motivasi, penguasaan tata bahasa, English as Foreign Language (EFL)
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Ristra RussilahibaNIM121511233062
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuriantoNIDN0019056504
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:52
Last Modified: 31 Jan 2020 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item