PENGARUH PENAMBAHAN PIGMEN FUKOSANTIN Sargassum sp. TERHADAP STABILITAS WARNA TERASI UDANG

ZHAFIRAH ZAHRAH, 141511233051 (2019) PENGARUH PENAMBAHAN PIGMEN FUKOSANTIN Sargassum sp. TERHADAP STABILITAS WARNA TERASI UDANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK. THP 37-19 Zah p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terasi udang merupakan produk fermentasi udang atau udang rebon yang hanya mengalami penggaraman, kemudian dibiarkan beberapa saat agar terjadi proses fermentasi. Fukosantin merupakan pigmen utama yang dimiliki oleh rumput laut cokelat Sargassum sp. Fukosantin termasuk dalam jenis karotenoid dan dihasilkan dari rumput laut cokelat (de Fretes dkk., 2012). Pemanfaatan zat warna alami pigmen fukosantin dari rumput laut cokelat Sargassum sp. merupakan alternatif pengganti pewarna sintesis. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan pigmen fukosantin Sargassum sp. terhadap stabilitas warna terasi udang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Mei 2019 di Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap yang terdiri dari lima perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu penambahan pigmen fukosantin Sargassum sp. dalam formulasi terasi udang yang berbeda yaitu 0%, 3%, 6%, 9%, dan 12%. Analisis data yang digunakan yaitu ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pigmen fukosantin berpengaruh pada terasi udang. Pada penelitian ini, konsentrasi pigmen fukosantin terbaik adalah 12%. Terasi udang dengan penambahan pigmen fukosantin berpengaruh terhadap nilai L, a, b, dan Hue warna selama 4 minggu, nilai L (kecerahan) dan nilai a (kemerahan) mengalami penurunan pada semua konsentrasi, nilai b (kekuningan) dan oHue mengalami kenaikan pada semua konsentrasi kecuali terasi udang tanpa penambahan pewarna. Terasi udang dengan penambahan pigmen fukosantin berpengaruh terhadap nilai pH selama 4 minggu, adanya perubahan bersifat basa menjadi asam. Serta terasi udang dengan penambahan pigmen fukosantin berpengaruh terhadap kenampakan terasi udang, namun tidak berpengaruh secara nyata terhadap aroma, rasa, dan tekstur terasi udang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK THP 37/19 Zah p
Uncontrolled Keywords: Pigmen fukosantin; warna trasi udang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
ZHAFIRAH ZAHRAH, 141511233051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, NIDN: 0016017002UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Nur Ghoyatul Amin, NIDN: 0009079002UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:23
Last Modified: 19 Nov 2019 06:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item