CONSUMER CULTURE OF ONLINE GAME: CASE STUDY OF WORLD OF TANKS

IBADURROHMAN HAFIDH, 121711223007 (2019) CONSUMER CULTURE OF ONLINE GAME: CASE STUDY OF WORLD OF TANKS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.135-19 Haf c.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya konsumen dalam mengumpulkan tank di game online World of Tanks. Game ini adalah game MMO yang berfokus pada penggunaan tank sebagai karakter utamanya. Pemain dapat memilih tank dari berbagai negara dan menggunakannya untuk bertarung dalam kelompok yang terdiri dari 10 anggota melawan musuh. Untuk menang, grup ini harus mengalahkan seluruh tank musuh atau mengambil alih markas musuh selama waktu tertentu. Mengikuti logika ini, adalah masuk akal bahwa para pemain mencari tank yang bagus dan kuat, dan akan berusaha untuk mendapatkannya. Metode yang paling efisien untuk mendapatkan tank paling kuat adalah dengan membelinya di toko dalam game. Beginilah biasanya konsumsi game dilakukan. Namun, dalam game World of Tanks ini, penelitian ini menemukan kesenangan pribadi pada player, untuk tujuan pengumpulan. Ini adalah fokus utama analisis. Konsep kegiatan pengumpulan oleh Russell W. Belk mendukung penelitian ini untuk memahami fenomena tersebut. Untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, ada diskusi online dan wawancara mendalam untuk memahami perspektif pemain untuk konsumsi game. Dalam memeriksa makna kegiatan pengumpulan yang dilakukan oleh para pemain, konsep Belk akan digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan tujuan baru konsumsi fungsional dan tujuan dekoratif, untuk tujuan pengumpulan pribadi. Dari analisis penelitian ini, ditemukan bahwa beberapa orang benar-benar tidak mengikuti cara konsumsi game yang seharusnya, dan beberapa diantara mereka rupanya masih mengikutinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE.135-19 Haf c
Uncontrolled Keywords: Collecting, Game Consumption, Online Game, Perspective, World of Tanks
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
S Agriculture > SK Hunting sports > SK1-664 Hunting sports > SK295-305 Big game
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
IBADURROHMAN HAFIDH, 121711223007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPUJO SAKTI NUR CAHYO, 198509232015041003UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:29
Last Modified: 15 Nov 2019 07:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91023
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item