JEMBATAN SUROBOYO: HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU EKONOMI DI KAMPUNG NELAYAN PANTAI SUKOLILO BARU KOTA SURABAYA

JUWITA WAHYU IBRAHIMMIA SARI, 071511733060 (2019) JEMBATAN SUROBOYO: HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU EKONOMI DI KAMPUNG NELAYAN PANTAI SUKOLILO BARU KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS ANT 79 19 Sar j ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
FIS ANT 79 19 Sar j DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
FIS ANT 79 19 Sar j DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS ANT 79 19 Sar j.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_JUWITA WAHYU IBRAHIMMIA S._071511733060.PDF.pdf

Download (349kB)
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang Hubungan Lingkungan Geografis, Operasional, Perseptual dan Perilaku dengan Perilaku Ekonomi di Kampung Nelayan Pantai Sukolilo Baru terkait keberadaan Jembatan Suroboyo, Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya penting dilakukan karena wilayah ini berlokasi tepat pada pintu keluar Jembatan Suroboyo. Rumusan masalah bagaimana hubungan lingkungan geografis, operasional, perseptual, perilaku sebagai satu-kesatuan dengan perilaku ekonomi keluarga nelayan, pengepul ikan dan terung-teripang, dan pedagang kerupuk, makanan, warung kopi?. Metode yang digunakan adalah metode etnografi. Teknik pemilihan lokasi berdasarkan observasi lapangan. Teknik pemilihan informan secara purposive kepada 17 informan. Data diperoleh melalui observasi, observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori hubungan lingkungan (geografis, operasional, perseptual, dan perilaku) sebagai satu-kesatuan dengan manusia oleh Sonnenfeld. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku ekonomi nelayan pantai dan keluarganya, pengepul udang rebon dan terung-teripang, pedagang kerupuk, makanan, warung kopi berubah dipengaruhi perubahan lingkungan operasional Jembatan Suroboyo. Perubahan perilaku yang dilakukan oleh nelayan dan keluarganya berupa respon negatif seperti naiknya lumpur, akibatnya perahu tidak dapat parkir di bibir pantai. Perubahan perilaku istri nelayan berupa respon positif yaitu memanfaatkan keadaan dengan membuka toko untuk menambah pendapatan keluarga. Untuk anak nelayan tidak ditemukan perubahan perilaku. Kedua, terdapat perubahan perilaku pengepul terung teripang, pengepul udang rebon, pedagang kerupuk, makanan dan warkop, terkait keberadan Jembatan Suroboyo dengan peningkatan pembelian produk oleh pembeli dan peningkatan pendapatan pengepul dan pedagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 79/19 Sar j
Uncontrolled Keywords: lingkungan geografis, lingkungan operasional, lingkungan perseptual, lingkungan perilaku, pengepul terung teripang dan udang rebon, pedagang kerupuk, makanan dan warkop.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
JUWITA WAHYU IBRAHIMMIA SARI, 071511733060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Retno Andriati, Dra., MA, NIDN :'0010106105UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:10
Last Modified: 21 Nov 2019 04:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91324
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item