EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) MELALUI E-WARONG (STUDI PADA KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA)

Intan Reigina Carlitasari, 071511133081 (2019) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) MELALUI E-WARONG (STUDI PADA KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Fis.AN. 97-19 Car e (TLP) ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Fis.AN. 97-19 Car e (TLP) DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Fis.AN. 97-19 Car e (TLP) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Efektivitas Implementasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui E-Warung di Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Hal ini didasari oleh Peraturan Presiden RI Nomor 63 Tahun 2017, tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. Dalam penelitian ini, masalah yang dijumpai pada pelaksanaan program tersebut yaitu akurasi data yang berkaitan dengan tidak semua masyarakat miskin yang terdaftar menjadi peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), masih terdapatnya saldo dari KPM yang kosong dan tidak lancar keluar dalam setiap bulannya. Berdasarkan realita tersebut, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas implementasi program Bantuan Pangan Non Tunai di Kecamatan Semampir Kota Surabaya dan faktor - faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan secara purposive sampling. Teknik analisis data yaitu dengan cara data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan materi audio dan visual untuk memperkuat data. penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Kota Surabaya, Bank BNI Cab.KH.Mas Mansyur, dan Kecamatan Semampir. Hasil penelitian mengungkapkan efektivitas implementasi program BPNT di Kecamatan Semampir belum berjalan dengan maksimal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program BPNT ditunjukkan melalui adanya keluarga yang tidak tepat sasaran menjadi KPM dari Program BPNT, ketepatan waktu dalam penyaluran bantuan juga sering terlambat, serta administrasi yang belum siap secara infrastruktur menyebabkan proses yang menjadi tidak tertata dan cenderung masih belum siap. Namun secara jumlah bantuan yang disalurkan sudah sesuai dengan amanat dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Program BPNT dan kualitas bahan pokok yang disediakan, seperti beras dan telur juga baik dan layak untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN. 97-19 Car e (TLP)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Bantuan Pangan Non Tunai, E-Warong
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1960-1973 Public welfare. Public assistance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Intan Reigina Carlitasari, 071511133081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorROCHYATI WAHYUNI TRIANA, NIDN: '0012066003UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Nov 2019 11:22
Last Modified: 18 Dec 2019 05:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item