EVALUASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGARUSUTAMAAN GENDER (Studi tentang Dampak Program Sekolah Perempuan bagi Perempuan Miskin di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik)

KARIMAH ANGGRAINI PUSPITASARI, 071511133042 (2019) EVALUASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGARUSUTAMAAN GENDER (Studi tentang Dampak Program Sekolah Perempuan bagi Perempuan Miskin di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS AN 96 19 Pus e ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
FIS AN 96 19 Pus e DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
FIS AN 96 19 Pus e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS AN 96 19 Pus e.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai evaluasi terkait dampak pemberdayaan masyarakat berbasis pengarusutamaan gender melalui sekolah perempuan di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Analisis mengenai evaluasi dilakukan berdasarkan dimensi dampak kebijakan oleh Anderson yakni dampak yang diharapkan (intended consequences) dan dampak yang tidak diharapkan (unintended consequences) dengan menggunakan kriteria pemberdayaan masyarakat yang meliputi akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan desain evaluasi single program before-after. Lokasi penelitian di Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Penentuan informan yang digunakan yaitu teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, dan analisis data yakni dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 tahapan dalam proses pelaksanaan sekolah perempuan yakni, tahap persiapan, pengkajian, perencanaan program, performaliasi rencana aksi, pelaksanaan, dan evaluasi. Dampak yang ditimbulkan dari sekolah perempuan, yaitu dampak yang diharapkan yang meliputi 1) Akses, 2) Partisipasi, 3) Kontrol, dan 4) Manfaat. serta dampak yang tidak diharapkan yakni timbulnya kekhawatiran pada pihak-pihak tertentu bahwa program pemberdayaan masyarakat berbasis pengarusutamaan gender dapat memicu keretakan rumah tangga. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan terhadap kelompok sasaran terkait dimensi akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 96/19 Pus e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi dampak, pemberdayaan masyarakat, pengarusutamaan gender, sekolah perempuan.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
KARIMAH ANGGRAINI PUSPITASARI, 071511133042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR.Wahyuni Triana, Dra.,MSi, NIDN :'0012066003UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:34
Last Modified: 18 Dec 2019 05:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91390
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item