PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI BUMDESA ( Studi pada Pengembangan BUMDesa di Desa Pengalangan Kec. Menganti Kab. Gresik)

ERNA SUBIATI, 071411431044 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI BUMDESA ( Studi pada Pengembangan BUMDesa di Desa Pengalangan Kec. Menganti Kab. Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS S 84 19 Sub p ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FIS S 84 19 Sub p DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
FIS S 84 19 Sub p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text
FIS S 84 19 Sub p JURNAL.pdf

Download (268kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 84 19 Sub p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

BUMDesa Pengalangan Sejahtera terletak di Desa Pengalangan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. BUMDesa merupakan lembaga desa yang didirikan oleh Pemerintah Jawa Timur dalam upayanya mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan pada Masyarakat Desa. Studi ini memfokuskan pada upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh BUMDesa Pengalangan Sejahtera untuk mensejahterakan masyarakat desa. Upaya mensejahterakan masyarakat desa dilakukan melalui pengembangan ekonomi produktif dan pontensi lokalnya pada kawasan pedesaan. Dalam studi ini peneliti menggunakan teori People Centered Development oleh David C. Korten untuk menganalisis pemberdayaan pada masyarakat desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan paradigma penelitian Definisi Sosial. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan purposive sampling yaitu penentuan informan berdasarkan tujuan dalam penelitian. Proses pengumpulan data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam dengan tujuh informan yang terdiri dari pengelola BUMDesa, masyarakat penerima dana pinjaman dan Pemerintah Desa. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh BUMDesa melalui penyediaan unit-unit usaha untuk menunjang kegiatan ekonomi warga. Kemudian dalam pelaksanaan program partisipasi masyarakat dilibatkan secara penuh untuk ambil bagian dalam mengembangkan potensi ekonomi produktifnya. Pengembangan kemampuan dan kreatifitas masyarakat dalam mengelola uasaha produktif diserahkan dengan kemampuan pengelolaan masyarakat dalam memanfaatkan potensi kawasan. Pelatihanpelatihan penunjang kegiatan ekonomi produktif warga dan pengembangan sumberdaya pengelola adalah fasilitas yang diberikan BUMDesa dan Pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKN KK-2 FIS S 84/19 Sub h
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, BUMDesa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ERNA SUBIATI, 071411431044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Dodi Sumbodo Singgih, M.Si,, NIDN :'0028055906UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Nov 2019 01:38
Last Modified: 25 Nov 2019 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91442
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item