Pengaruh Warna Cahaya Lampu Monokromal Terhadap Pertumbuhan Kultur Suspensi Kalus Tanaman Tempuyung (Sonchus Arvensis L.) Pada Media Cair

Aulia Risqi Anugerah (2019) Pengaruh Warna Cahaya Lampu Monokromal Terhadap Pertumbuhan Kultur Suspensi Kalus Tanaman Tempuyung (Sonchus Arvensis L.) Pada Media Cair. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MPB.112-19 Anu p.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI MPB.112-19 Anu p.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MPB.112-19 Anu p.pdf

Download (8MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT MPB.112-19 Anu p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2022.

Download (827kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna cahaya lampu monokromal terhadap pertumbuhan kalus kultur suspensi tanaman tempuyung (Sonchus arvensis L.) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan warna cahaya lampu monokromal kontrol (suasana gelap), Putih, Merah, Kuning, Hijau dan Biru dan setiap perlakuan diulang 4 kali. Media yang digunakan adalah media Murashige dan Skoog padat dan Murashige dan Skoog cair dan ditambahkan konsentrasi zat pengatur tumbuh 2,4-D dan BAP. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif meliputi morfologi kalus daun tempuyung. Data kuantitatif didapatkan dari berat basah dan berat kering secara statistik menggunakan uji Mann-Whitney, berat basah selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji t independent dengan nilai signifikansi (α=0,05), sedangkan berat kering kalus dianalisis secara statistik menggunakan uji Duncan dengan nilai signifikansi (α=0,05). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada perlakuan warna cahaya lampu monokromal putih menghasilkan rerata berat basah dan berat kering paling tinggi 0,55093 dan 0,5322 gram. Kurva pertumbuhan kalus kulltur suspensi tanaman tempuyung dengan penambahan warna cahaya lampu monokromal putih, merah, kuning, hijau dan biru berbentuk sigmoid, yang terdiri dari fase lag, fase log dan stasioner dan pertumbuhan maksimal terjadi pada minggu keempat. Morfologi kalus dengan tekstur remah dan berwarna coklat muda di hasilkan pada perlakuan warna cahaya lampu monokromal putih pada minggu pertama sampai dengan minggu ketiga dan warna cahaya lampu monokromal merah pada minggu pertama sedangkan pada minggu keempat kalus pada perlakuan warna cahaya lampu monokromal putih yang dihasilkan berwarna coklat tua, Morfologi kalus dengan warna coklat dan tekstur remah juga dihasilkan dengan penambahan warna cahaya lampu monokromal kuning, hijau, biru dan kontrol (kondisi gelap).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.MPB.112/19 Anu p
Uncontrolled Keywords: BAP, Sonchus arvensis L., kultur suspensi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Aulia Risqi AnugerahNIM081511433021
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHery PurnobasukiNIDN0001128007
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:22
Last Modified: 29 Jan 2020 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91493
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item