Isolasi Dan Uji Potensi Kapang Pelarut Fosfat Dan Dekomposer Bahan Organik Dari Tanah Rhizosfer Mangrove Center Tuban

Arina Putri Ramadhani (2019) Isolasi Dan Uji Potensi Kapang Pelarut Fosfat Dan Dekomposer Bahan Organik Dari Tanah Rhizosfer Mangrove Center Tuban. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MPB.115-19 Ram i.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI MPB.115-19 Ram i.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MPB.115-19 Ram i.pdf

Download (12MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT MPB.115-19 Ram i.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah isolat kapang dari tanah rhizosfer Mangrove Center Tuban dan isolat kapang yang berpotensi sebagai pelarut fosfat dan dekomposer bahan organik, mengukur indeks pelarut fosfat dan hidrolisis bahan organik (amilolitik, lipolitik, dan proteolitik) paling tinggi, dan menentukan genus isolat kapang pelarut fosfat dan dekomposer bahan organik dari tanah rhizosfer Mangrove Center Tuban. Penelitian ini bersifat eksploratif. Sampel tanah diambil menggunakan metode purposive sampling di 2 lokasi. Isolasi dan purifikasi kapang menggunakan media Potato Dextrose Agar yang ditambahkan chloramphenicol 1%. Karakterisasi makroskopis pada media Potato Dextrose Agar dan karakterisasi mikroskopis dengan slide culture. Uji potensi menggunakan metode totol. Uji potensi kapang pelarut fosfat menggunakan media Pikovskaya selama inkubasi 3 hari. Uji potensi kapang dekomposer bahan organik yaitu amilolitik menggunakan media Amilum Agar selama inkubasi 5 hari, lipolitik menggunakan media Rhodamin-B Olive Oil selama inkubasi 4 hari, dan proteolitik menggunakan media Skim Milk Agar selama inkubasi 4 hari. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa isolat kapang dari hasil isolasi pada tanah rhizosfer Mangrove Center Tuban sebanyak 27 isolat terdiri atas 25 isolat kapang pelarut fosfat, 16 isolat kapang amilolitik, 20 isolat kapang lipolitik, dan 11 isolat kapang proteolitik. Kapang pelarut fosfat yang memiliki indeks pelarut fosfat paling tinggi adalah isolat LIa.12 sebesar 1,658. Kapang amilolitik yang memiliki indeks amilolitik paling tinggi adalah isolat LIa.1 sebesar 1,072. Kapang lipolitik yang memiliki indeks lipolitik paling tinggi adalah isolat LIa.11 sebesar 0,421. Kapang proteolitik yang memiliki indeks proteolitik paling tinggi adalah LIa.12 sebesar 0,347. Genus kapang pelarut fosfat dan dekomposer bahan organik dari tanah rhizosfer Mangrove Center Tuban adalah Aspergillus,Penicillium, Trichoderma, Gliocladium, dan Rhizopus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC.KK.MPB.115/19 Ram i
Uncontrolled Keywords: isolasi, kapang, pelarut fosfat, lipolitik, amilolitik, proteolitik,karakterisasi, tanah, Mangrove
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Arina Putri RamadhaniNIM081511433023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini SurtiningsihNIDN0010125104
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 24 Jan 2020 01:42
Last Modified: 01 Feb 2020 01:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91498
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item