Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Mengunduh Aplikasi Dari Perusahaan Startup Pada Google Play Store Dengan Menggunakan Social Learning Theory

Dewi Ambarrina (2019) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Mengunduh Aplikasi Dari Perusahaan Startup Pada Google Play Store Dengan Menggunakan Social Learning Theory. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ST.SI.27-19 Amb a.pdf

Download (595kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ST.SI.27-19 Amb a.pdf

Download (474kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ST.SI.27-19 Amb a.pdf

Download (603kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT ST.SI.27-19 Amb a.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan banyaknya startup digital yang muncul. Dari banyaknya startup yang muncul, sudah banyak startup yang telah berhasil membuktikan kesuksesannya. Namun tidak sedikit juga startup yang tidak mampu bertahan untuk bersaing dengan kompetitornya. Startup tidak mampu bertahan karena produk yang dihasilkan tidak mampu menarik konsumen. Maka dari itu, niat pengguna untuk membeli atau mengunduh aplikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan startup digital. Solusi untuk permasalahan ini dimulai dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengunduh aplikasi dari perusahaan startup. Penelitian ini menerapkan Social Learning Theory (SLT) untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi niat konsumen untuk mengunduh aplikasi dari perusahaan startup. Analisis data dan model penelitian diuji menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) menggunakan 216 tanggapan yang dianggap memenuhi kriteria penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa learning from forums and communities memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penilaian kognitif maupun penilaian afektif, sedangkan learning from ratings and reviews memiliki pengaruh yang signifikan hanya pada penilaian kognitif saja, dan learning from social recommendation hanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penilaian afektif pelanggan saja. Dan pada akhirnya, penilaian kognitif dan penilaian afektif secara signifikan mempengaruhi niat konsumen untuk mengunduh aplikasi dari perusahaan startup. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel kontrol yang diujikan (jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pekerjaan) secara signifikan tidak mempengaruhi niat konsumen untuk mengunduh aplikasi dari perusahaan startup. Hasil dan temuan diharapkan dapat memberikan kontribusi pada strategi pemasaran perusahaan startup untuk menarik minat konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.ST.SI.27/19 Amb a
Uncontrolled Keywords: Google Play Store, Niat untuk mengunduh, Social Learning Theory, Startup digital.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Dewi AmbarrinaNIM081511633002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArmy JustitiaNIDN0025068701
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:33
Last Modified: 29 Jan 2020 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91504
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item