PEMASARAN SOSIAL METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG PADA WANITA DI KECAMATAN KOTA SUMENEP

NININ NURYANTINI FARID, 101511133203 (2019) PEMASARAN SOSIAL METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG PADA WANITA DI KECAMATAN KOTA SUMENEP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 290 19 Far p.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FKM 290 19 Far p.pdf

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FKM 290 19 Far p.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 290 19 Far p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga Berencana (KB) adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak, dan usia melahirkan serta mengatur kehamilan. KB MKJP merupakan kontrasepsi yang dapat digunakan dalam waktu relatif lama serta lebih efektif, sehingga sasaran dari program KB salah satunya untuk meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi yang rasional, efektif, dan efisien. Namun jumlah Wanita Usia Subur (WUS) diatas 35 tahun yang tinggi tidak didukung dengan capaian MKJP yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pemasaran sosial MKJP pada wanita di Kecamatan Kota Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik yang digunakan adalah Wawancara mendalam kepada informan. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang dipilih secara sengaja dengan menyesuaikan persyaratan informan. Informan utama terdiri dari 1 orang sebagai Kasie di DP3AKB, 2 orang sebagai PKB, dan 2 orang sebagai sie KIA di puskesmas Pandian dan Pamolokan. Informan kunci terdiri dari 10 orang, terdiri dari akseptor MKJP maupun non-MKJP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan menggunakan pendekatan demografi, sehingga yang menjadi target sasaran adalah kecamatan yang capaian KB rendah. Sedangkan penempatan pasar tidak dilakukan secara spesifik untuk mempresepsikan bahwa kontrasepsi yang rasional, efektif dan efisien adalah MKPJ. Product dari program KB telah ditawarkan kepada PUS baik MKJP maupun non-MKJP. Promotion bentuk promosi dalam program KB belum efektif dan efisien. People dalam pemberian motivasi masih rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya melakukan segmentasi terhadap PUS sebagai pasar dari program KB. Bauran pemasaran yang perlu diperhatikan adalah produk memfokuskan pada MKJP, promotion yang efisien dan efektif, dan people dengan meningkatkan kinerja dari provider KB. Sehingga perlu adanya peningkatan capaian dengan memfokuskan produk KB MKJP kepada sasaran PUS yang dikategorikan usia diatas 35 tahun, risiko kehamilan yang tinggi, dan memiliki 2 anak serta adanya bentuk promosi yang efektif dan efisien sesuai sasarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 290/19 Far p
Uncontrolled Keywords: Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, strategi pemasaran, bauran pemasaran
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NININ NURYANTINI FARID, 101511133203UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Shrimarti Rukmini Devy Dra., M.Ke, 196602152002122002UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:58
Last Modified: 26 Nov 2019 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91527
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item