PENGGUNAAN BIRO JASA SEBAGAI SARANA NOTARIS MENCARI KLIEN MENURUT KODE ETIK NOTARIS INI

DEVI RIANI WlNATA, S.H., 030810172 N (2009) PENGGUNAAN BIRO JASA SEBAGAI SARANA NOTARIS MENCARI KLIEN MENURUT KODE ETIK NOTARIS INI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN DEPAN DAN ABSTRAK)
KKB KK2 TMK 67 10 WIN P i.pdf

Download (614kB)
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK2 TMK 67 10 WIN P.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Notaris sebagai pejabat umum rnemiliki tugas untuk membantu dan melayani masyarakat dibidang hukum perdata. Setiap tahunnya, Universitas-universitas yang memiliki program studi kenotariatan menghasilkan lu1usan Notaris. Setelah 1ulus, mereka tidak dapat langsung menjadi seorang Notaris. Mereka dapat diangkat menjadi Notaris setelah berusia minimum 27 (dua puluh tujuh) tahun, telah magang atau kerja di kantor Notaris dalam waktu 12 (dua belas) bulan berturut-turut, telah mendapatkan surat keputusan dadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan telah mengangkat sumpah. Bertambahnya jumlah Notaris setiap tahunnya, mengakibatkan terjadinya persaingan diantara Notaris untuk mendapatkan klien. Oleh karena itu, sebagian Notaris menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan klien, salah satunya menggunakan jasa dari Biro Jasa sebagai perantara untuk mendapatkan klien. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini yaitu apakah penggunaan Biro Jasa oleh Notaris merupakan suatu pelanggaran ditinjau menurut Kode Etik Notaris dan apakah sanksi etika terhadap Notaris yang menggunakan Biro Jasa sebagai sarana mencari klien. Dari hasil penelitian, penggunaan Biro Jasa oleh Notaris dilarang menurut Pasal 4 angka (4) Kode Etik Notaris. Bila Notaris menggunakan jasa Biro Jasa untuk mencari klien, maka perbuatan tersebut dapat merendahkan harkat, martabat, moralitas, akhlak dan kemandirian Notaris, mengingat Notaris adalah Pejabat Umum yang tujuannya melayani masyarakat, bukan pedagang atau entrepreneur. Sanksi yang dapat dijatuhkan kepada Notaris yang menggunakan Biro Jasa sebagai sarana mencari klien adalah sanksi etika yang dijatuhkan oleh Dewan Kehormatan sebagaimana diatur dalam Pasal 6 Kode Etik Notaris.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TMK 67 10 WIN P
Uncontrolled Keywords: KENOTARIATAN, ETIKA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of Social Groups, Classes, etc., Professional Ethics
K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K100-103 Legal education
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
DEVI RIANI WlNATA, S.H., 030810172 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEman Ramelan, Prof. Dr., S.H .. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:53
Last Modified: 27 Nov 2019 04:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91578
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item