Analisis Minat Perilaku Pengguna Aplikasi Pemesanan Hotel Online Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Of Planned Behavior (Tpb)

Dimas Aditya Dwi Putranto (2019) Analisis Minat Perilaku Pengguna Aplikasi Pemesanan Hotel Online Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Of Planned Behavior (Tpb). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ST.SI.38-19 Put a.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ST.SI.38-19 Put a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ST.SI.38-19 Put a.pdf

Download (2MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT ST.SI.38-19 Put a.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi informasi dan komputer, terutama internet, telah mengubah konteks sosial ekonomi industri pawisata dan perhotelan. Dengan maraknya aktivitas penggunaan teknologi internet di dunia, Indonesia sebagai negara berkembang mencoba untuk beradaptasi dan mempelajari kemajuan teknologi itu. Peranan internet mempengaruhi gaya hidup masyarakat dan berdampak pada perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Mayoritas masyarakat memilih aplikasi reservasi hotel secara online berdasarkan pengalaman dari reservasi sebelumnya, selain itu beberapa aplikasi reservasi hotel secara online juga menawarkan diskon dan produk yang menguntungkan. Beberapa developer teknologi membuat aplikasi pemesanan hotel online yang memudahkan konsumen untuk mengakses melalui smartphone yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan perilaku dari pengguna aplikasi pemesanan hotel online dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki aplikasi pemesanan hotel online agar dapat meningkatkan kualitas layanan aplikasi berdasarkan minat perilaku pengguna. Tahapan dalam penelitian ini yaitu meliputi penentuan model dan hipotesis, penentuan populasi dan sampel, perancangan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, analisis hasil dan penyusun rekomendasi. Penelitian ini menggunakan 423 responden dari pengguna aplikasi pemesanan hotel online. Pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan model hanya mampu menjelaskan 44,2% varians pada pembentukan behavioral actual aplikasi pemesanan hotel online. Rekomendasi yang dapat diberikan, pihak aplikasi pemesanan hotel online adalah dapat memberikan promo yang dapat menarik banyak pelanggan dan informasi pada aplikasi harus selalu up to date agar manfaat yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi pemesanan hotel online dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.ST.SI.38/19 Put a
Uncontrolled Keywords: TAM, TPB, Minat, Perilaku, Hotel Online
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Aditya Dwi PutrantoNIM081411631008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurbandiniNIDN0012077103
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:09
Last Modified: 30 Jan 2020 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91596
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item