HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN RIWAYAT DIABETES MELITUS DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kabupaten Kediri)

HIRDA ULIS FITRIANI, 101511133172 (2019) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN RIWAYAT DIABETES MELITUS DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 293 19 Fit h.pdf

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FKM 293 19 Fit h.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FKM 293 19 Fit h.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 293 19 Fit h.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan penyakit menular masih menjadi beban kesehatan di Indonesia. Tuberkulosis paru merupakan salah satu penyakit menular yang menjadi penyebab utama kematian nomor dua setelah HIV-AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kondisi ligkungan fisik rumah, karakteristik individu dan riwayat diabetes melitus dengan kejadian Tuberkulosis Paru di wilayah kerja Puskesmas Sidomulyo Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi case control. Sampel penelitian terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok kasus sebagai penderita tuberkulois paru dan kelompok kontrol bukan penderita tuberkulosis paru. Jumlah masing masing kelompok yaitu sebanyak 22 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan uji chi square dan menghitung nilai Odds Ratio (OR) untuk mengetahui faktor risiko dengan kejadian tuberkulosis paru. Hasil penelitian didapatkan bahwa kejadian tuberkulosis paru mempunyai hubungan bermakna (p<0,05) dengan pencahayaann alami, ventilasi kamar, jenis kelamin, usia, status gizi, dan riwayat merokok. Namun, kejadian tuberkulosis paru tidak mempunyai hubungan bermakna (p>0,05) dengan riwayat diabetes melitus, kadar gula darah sewaktu, kepadatan hunian kamar, suhu, kelembaban, kondisi dinding, kondisi lantai, pendidikan, pendapatan, pengetahuan, sikap dan tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pencahayaan alami, ventilasi kamar, jenis kelamin, usia, status gizi dan riwayat merokok merupakan variabel yang berhubungan dengan kejadian tuberkulosis paru di wilayah kerja Puskesmas Sidomulyo. Untuk mencegah kejadian dan penularan tuberkulosis paru perlu dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya keberadaan ventilasi dan sinar matahari didalam rumah, perilaku pencegahan dan peningkatan status gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 293/19 Fit h
Uncontrolled Keywords: lingkungan fisik, karakteristik individu, riwayat diabetes melitus, tuberkulosis paru
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HIRDA ULIS FITRIANI, 101511133172UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Lilis Sulistyorini, Ir., M.Kes, 196603311991032002UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:26
Last Modified: 27 Nov 2019 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item