Rancang Bangun Perangkat Lunak Monitoring Skripsi Berbasis Mobile Dengan Memanfaatkan Teknologi Qr Code Untuk Autentikasi Presensi Bimbingan

Moh. Abdul Ghofur Afifudin Zein (2019) Rancang Bangun Perangkat Lunak Monitoring Skripsi Berbasis Mobile Dengan Memanfaatkan Teknologi Qr Code Untuk Autentikasi Presensi Bimbingan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ST.SI.41-19 Zei r.pdf

Download (414kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ST.SI.41-19 Zei r.pdf

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ST.SI.41-19 Zei r.pdf

Download (358kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT ST.SI.41-19 Zei r.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi adalah tugas sebagai pengalaman belajar mahasiswa untuk membuat karya ilmiah tertulis, dengan menerapkan sikap, cara berpikir, dan metode ilmiah dalam memecahkan masalah keilmuan melalui penelitian serta mampu menyajikan dan mempertahankan hasilnya secara tertulis dan secara lisan dalam rangka menyelesaikan beban studi tertentu untuk memperoleh gelar sarjana. Mahasiswa wajib menyelesaikan skripsi sebagai salah satu persyaratan kelulusan. Dalam menyelesaikan skripsi, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan beberapa kali bimbingan ke dosen pembimbing utama dan dosen pembimbing serta untuk menyelesaikan skripsinya. Namun saat ini pencatatan bimbingan skripsi di program studi S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga masih dilakukan secara manual dan masih belum tersistem. Ketiadaan sistem menimbulkan permasalahan bagi mahasiswa, dosen, petugas administrasi akademik, dan kaprodi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem monitoring skripsi yang menerapkan teknologi QR code untuk autentikasi presensi bimbingan. Penelitian terdiri dari lima tahap utama, yaitu komunikasi (communication), perencanaan (planning), pemodelan (modeling), implementasi (construct), dan penyerahan sistem (deployment). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis mobile yang dapat menyelesaikan permasalahan pada alur skripsi Sistem Informasi Universitas Airlangga. Aplikasi yang telah dibangun telah diuji dengan metode Blackbox dan dievaluasi dengan kuesioner yang dibagikan kepada calon pengguna. Hasil blackbox testing menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem yang telah dibangun telah sesuai dengan rancangan sistem. Hasil evaluasi sistem digolongkan menjadi 4 kategori, yaitu kategori usability, usefulness, completeness, dan reliability. Aplikasi dikatakan sangat baik bila hasil evaluasi sistem antara 3,4 sampai dengan 4. Aplikasi dikatakan baik bila hasil evaluasi sistem antara 2,8 sampai dengan 3,4. Aplikasi dikatakan cukup baik bila hasil evaluasi sistem antara 2,2 sampai dengan 2,8. Aplikasi dikatakan kurang baik bila hasil evaluasi sistem antara 1,6 sampai dengan 2,2. Aplikasi dikatakan tidak baik bila hasil evaluasi sistem antara 1 sampai dengan 1,6 Hasil evaluasi kategori usability mendapat nilai 3,35 dan tergolong dalam kategori baik, kategori usefulness mendapat nilai 3,4 dan tergolong dalam kategori sangat baik, kategori completeness mendapat nilai 3,15 dan tergolong dalam kategori baik, kategori reliability mendapat nilai 3,4 dan tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil evaluasi secara keseluruhan mendapat nilai 3,325 menunjukan bahwa calon pengguna menilai aplikasi Sistem Informasi Monitoring Skripsi secara keseluruhan tergolong dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.ST.SI.41/19 Zei r
Uncontrolled Keywords: QR Code, RPL, Model Waterfall, MVC, Android, Monitoring Skripsi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Moh. Abdul Ghofur Afifudin ZeinNIM081511633039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArmy JustitiaNIDN0025068701
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:26
Last Modified: 30 Jan 2020 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91612
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item