HUBUNGAN LINGKUNGAN PANGAN RUMAH DAN JALANAN DENGAN POLA KONSUMSI, ASUPAN ZAT GIZI MAKRO, DAN STATUS GIZI ANAK MISKIN (RENTAN MENJADI ANAK JALANAN)

SUSI HIDAYAH, 101511233042 (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN PANGAN RUMAH DAN JALANAN DENGAN POLA KONSUMSI, ASUPAN ZAT GIZI MAKRO, DAN STATUS GIZI ANAK MISKIN (RENTAN MENJADI ANAK JALANAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (48kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (54kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (264kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kemiskinan adalah salah satu faktor pemicu anak bekerja di jalanan. Mereka adalah korban eksploitasi ekonomi dan penyumbang pendapatan keluarga. Rendahnya asupan gizi menyebabkan anak miskin rentan terhadap masalah gizi kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara lingkungan pangan rumah dan jalanan dengan pola konsumsi, asupan zat gizi makro, dan status gizi anak miskin. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 79 orang diambil secara acak dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data meliputi wawancara kuesioner lingkungan pangan, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, wawancara pola konsumsi dengan food recall 2x24 jam dan semi quantitative food frequency questionnaries (sq-ffq). Analisis data hasil penelitian menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok anak miskin, lingkungan pangan rumah tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pola konsumsi, asupan zat gizi makro, dan status gizi. Sedangkan lingkungan pangan jalanan memiliki hubungan yang signifikan dengan pola konsumsi makanan camilan (p=0,005). Pada kelompok anak miskin yang rentan menjadi anak jalanan, lingkungan pangan rumah berhubungan dengan asupan energi (p=0,034) dan lingkungan pangan jalanan berhubungan dengan pola konsumsi makanan camilan (p=0,018), minuman kemasan (p=0,038), serta asupan protein (p=0,020). Kesimpulannya kondisi lingkungan pangan jalanan mempunyai peran penting dalam menentukan pola konsumsi anak miskin. Saran dari peneliti, untuk dinas sosial bekerjasama dengan dinas kesehatan dan elemen masyarakat lain dalam memberikan bantuan makanan sehat kepada anak miskin untuk memenuhi kebutuhan zat gizi harian sehingga, dapat dicapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM GZ 52/19 Hid h
Uncontrolled Keywords: Food Environment, Consumption Pattern, Macro-Nutrient Intake, Nutritional Status
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SUSI HIDAYAH, 101511233042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTrias Mahmudiono, '0024038105UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:08
Last Modified: 28 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item