PERHITUNGAN UNIT COST PADA PELAYANAN MSCT (MULTI-SLICE OMPUTER TOMOGRAPHY) INSTALASI RADIOLOGI SEBAGAI DASAR PENENTUAN TARIF PELAYANAN (Studi Kasus di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik)

AINUNNIZAM AZZAKKI FIRDAUS, 101511133158 (2019) PERHITUNGAN UNIT COST PADA PELAYANAN MSCT (MULTI-SLICE OMPUTER TOMOGRAPHY) INSTALASI RADIOLOGI SEBAGAI DASAR PENENTUAN TARIF PELAYANAN (Studi Kasus di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 272-19 Fir p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tarif yang digunakan dalam pelayanan MSCT Instalasi Radiologi RSUD Ibnu Sina merupakan tarif yang belum berdasarkan unit cost, namun hanya mencakup pengeluaran bahan habis pakai medis yang dibutuhkan dan jasa pelayanan. Berdasarkan jumlah kunjungan dan tarif pada pelayanan pada tahun 2018, cost recovery rate pada pelayanan MSCT masih belum tercapai yakni sebesar 38,12%. Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan desain kuantitatif dan sifat data adalah observasional. Penelitian ini tergolong dalam penelitian cross sectional. Cara yang dilakukan dalam pengumpulan data sekunder dan informasi melalui wawancara langsung pada karyawan. Metode perhitungan unit cost yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan activity based costing. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan unit cost pada pelayanan MSCT Instalasi Radiologi RSUD Ibnu Sina maka diusulkan tarif pelayanan baik yang tidak menggunakan jasa pelayanan dan menggunakna jasa pelayanan sebesar 30%. Usulan tarif yang menggunakan jasa pelayanan tersebut digunakan untuk melakukan simulasi cost recovery rate. Simulasi yang pertama dilakukan dengan menggunakan utilisasi tahun 2018 dan dihasilkan cost recovery rate sebesar 76,21%. Selanjutnya dilakukan simulasi cost recovery rate berdasarkan kapasitas utilitas, maka cost recovery rate mencapai 100,11%. Berdasarkan simulasi cost recovery rate maka Instalasi Radiologi RSUD Ibnu Sina perlu untuk menyesuaikan tarif berdasarkan perhitungan unit cost dan meningkatkan utilitas pelayanan MSCT. Kata Kunci: Activity Based Costing (ABC), Simulasi CRR, Tarif pelayanan, Unit Cost

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 272/19 Fir p
Uncontrolled Keywords: Activity Based Costing (ABC), Simulasi CRR, Tarif pelayanan, Unit Cost
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AINUNNIZAM AZZAKKI FIRDAUS, 101511133158UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul Rochmah, NIDN: 0011026501UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:47
Last Modified: 29 Nov 2019 02:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91716
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item