ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK-ETAP) PADA BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus BUMDesa Karya Utama Desa Sugihwaras, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun)

DWIYANI APRILIA PUTRI, 041511333014 (2019) ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK-ETAP) PADA BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus BUMDesa Karya Utama Desa Sugihwaras, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (111kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan SAK ETAP pada BUMDesa Karya Utama, (2) kendala yang dihadapi BUMDesa Karya Utama dalam penerapan SAK ETAP, (3) solusi dalam penyelesaian kendala-kendala yang dihadapi BUMDesa Karya Utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laporan keuangan BUMDesa Karya Utama tidak sesuai dengan SAK ETAP. Laporan keuangan yang dibuat BUMDesa Karya Utama yaitu Laporan Aset, Laporan Rekapitulasi Pendapatan, dan Laporan Pengeluaran Kas. Kendala dalam penerapan SAK ETAP yaitu keterbatasan pengetahuan pengurus, kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya, kurangnya pengawasan dari Pemerintah Desa dan kurangnya peran dari Lembaga Pemerintah. Solusi yang dapat ditawarkan yaitu melakukan pendampingan dan bimbingan teknis dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah, merekrut karyawan yang sesuai dengan bidangnya, dan Pemerintah Desa seharusnya memberikan pengawasan dalam proses pencatatan akuntansi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 393/19 Put a
Uncontrolled Keywords: Financial statement, FAS EWPA, BUMDesa
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DWIYANI APRILIA PUTRI, 041511333014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, '0029077602UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:34
Last Modified: 29 Nov 2019 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item